Advertorial

Layanan Tunai BCA untuk Transaksi Non Tunai di SPBU

Kompas.com - 29/06/2017, 11:22 WIB

Pemerintah melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) selama beberapa tahun ini sudah menggalakan penggunaan uang elektronik agar dapat dipakai pada semua lapisan masyarakat. Entitas bisnis SPBU pun menjadi salah satunya.

Penggunaan non tunai pada bisnis SPBU ini bukan hanya memudahkan masyarakat. Bagi pengelola bisnis SPBU ini pun dengan menerima pembayaran non tunai maka penanganan uang tunai mereka mejadi lebih efisien. Hal ini disetujui oleh Ketua Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas Bumi (Hiswana) Migas DPD III Juan Tarigan.

“Para pekerja di SPBU jadi bisa mengelola uang dengan efisien,” akunya.

Juan pun menyebutkan adanya keuntungan lain transaksi non tunai, yakni meminimalisasi risiko kejahatan seperti uang palsu, perampokan atau bahkan pencurian di internal.

Di Hiswana DPD III sendiri yang membawahi area Jabodetabek, Serang dan Jawa Barat, Juan mengungkap, kurang lebih sebanyak 1.480 ribu SPBU sudah siap menerima pembayaran non tunai. Untuk transaksi non tunai ini, Hiswana bekerja sama PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

“Kami anggota dan organisasi berkolaborasi dengan BCA supaya memudahkan konsumen melakukan pembayaran di SPBU. Apalagi, kini ada nilai tambah yang diberikan BCA berupa fasilitas Tunai BCA,” ungkapnya.

Vice President BCA Liza L Widyasari dan Assistant Vice president BCA David Chandrawan menambahkan, melalui fasilitas Tunai BCA kebutuhan belanja bahan bakar di SPBU dan penarikan uang tunai bisa dilakukan dalam satu langkah tanpa biaya apapun.

Nasabah cukup datang dan berbelanja dengan kartu Paspor BCA di SPBU terdekat yang memasang logo Tunai BCA. Umumnya pengambilan dilakukan dalam jumlah kelipatan Rp 50.000 dengan jumlah maksimal penarikan tunainya tergantung kesediaan uang atau berdasarkan ketentuan masing-masing SPBU.

Saat ini, rata-rata batas maksimum Tunai BCA di SPBU hingga Rp 500.000 per transaksi. Bahkan, di beberapa merchant besar, ada yang mampu memberi sampai Rp 1 juta per transaksi. Untuk pembayaran pembelian SPBU pun bisa dilakukan secara non tunai bagi pengguna kartu debit berlogo PRIMA dengan transaksi melalui mesin EDC BCA.

Sebagai catatan, untuk transaksi dengan PRIMA Debit, tidak bisa menggunakan fasilitas tarik tunai. Namun, untuk transaksi non tunai tidak dikenakan biaya tambahan pada merchant. Untuk konsumen sendiri, perihal biaya sesuai kebijakan bank penerbit kartu debit.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com