Advertorial

Ini Pesan-Pesan Penting dari Pendiri Instagram (Bagian 1)

Kompas.com - 03/07/2017, 08:37 WIB

Seperti media sosial lainnya, aplikasi berbagi foto Instagram sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Hanya dalam tujuh tahun, aplikasi buatan Kevin Systrom dan Mike Krieger yang merupakan lulusan Standford University itu diunduh 700 juta pengguna di dunia.

Tiap hari, ada 400 juta tambahan pengguna baru. Sebagian besar pengguna dari luar Amerika Serikat (AS). Di Inggris saja, setidaknya ada 18 juta pengguna.

Pada 2012, Facebook membeli Instagram senilai 1 miliar dollar Amerika Serikat. Padahal, analis menilai harga pasar Instagram saat itu hanya 300 juta dollar Amerika Serikat. Krieger yang saat itu menjabat sebagai Direktur Teknologi (CTO) di Instagram hanya tersenyum ketika ditanya soal hal ini.

Mari ikuti perjalanan Instagram sebagai perusahaan rintisan hingga menjadi besar seperti saat ini.

Saat membesarkan bisnis, Krieger menyebut dirinya dan manajemen selalu memastikan perusahaan akan berjalan sesuai keinginan mereka. Hal itu menjadi rahasia sukses Instagram.

"Kami banyak bekerja sendiri untuk waktu lama dan ternyata berpengaruh. Penting bagi pengguna (konsumen) merasakan ada ikatan dengan produk yang mereka gunakan. Terdengar klise, namun begitulah karakter bisnis kami," katanya.

Tahun lalu, Instagram meluncurkan Instagram Stories. Fitur itu memungkinkanmu menampilkan beberapa foto dan video dalam slideshow. Foto dan video tersebut akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini, katanya, muncul berdasarkan pengalaman pribadi.

Krieger setidaknya sudah mengunggah dua ribu foto, baik foto pribadi atau profesional. Instagramnya sendiri juga sudah memiliki 7.500 pengikut.

Bila saat ini kamu sedang mengembangkan usaha rintisan, Krieger bilang membesarkan usaha rintisan adalah hal mudah. Meski demikian, ia justru menunda agar Instagram tumbuh terlalu cepat. Menurutnya, cepat besar justru membuatnya kehilangan banyak waktu dan kesempatan mempelajari kekurangan bisnisnya.

Berlanjut ke bagian kedua

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com