kabar mpr

Wakil Ketua MPR: Halal Bihalal, Sebuah Tradisi yang Membangun Silaturahmi

Kompas.com - 03/07/2017, 16:48 WIB

Halal bihalal merupakan salah satu ciri budaya Indonesia. Tradisi ini dilakukan setiap tahun ke tahun, tepatnya pasca Lebaran. Halal bihalal rutin dilakukan di lingkungan keluarga, teman-teman, maupun kantor.

Tradisi ini juga tak pernah dilewatkan di lingkungan penyelenggara negara, seperti Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI. Tahun ini, MPR menyelenggarakan halal bihalal untuk seluruh pimpinan dan para pegawai Setjen MPR, di Kompleks DPR/MPR/DPD RI Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengatakan acara ini menunjukkan ciri budaya Indonesia untuk mempererat hubungan antara semua pimpinan dan pegawai. “Kita mengadakan acara ini untuk membangun silaturahmi," ujar Mahyudin saat memberi sambutan.

Selain itu, Mahyudin mengungkapkan, halal bihalal juga dilakukan sebagai upaya agar pimpinan dan pegawai bisa lebih kenal satu sama lain. "Kita perlu saling mengenal untuk meningkatkan kinerja," tutur Mahyudin.

Momen itu juga menjadi kesempatan untuk saling meminta maaf dan memaafkan. Mahyudin mengaku, saat bekerja ada kalanya pimpinan marah atau bertindak tegas, sebagai upaya untuk menyempurnakan tugas-tugas dan tanggung jawab yang ada.

“Sebagai penyelenggara negara, maka kita harus benar dalam bekerja apalagi tugas MPR menjaga dan mensosialisasikan Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Apabila bangsa ini bersatu maka Indonesia akan jaya," ujarnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com