Advertorial

Kebiasaan Kecil Ini Tanpa Disadari Terus Membuang Uangmu

Kompas.com - 03/07/2017, 16:58 WIB

Tidak menghamburkan uang adalah hal yang harus dibiasakan agar kamu dapat hidup hemat dan menabung. Untuk itu, kamu perlu rencana dan disiplin yang baik dalam anggaran. Namun tanpa kamu sadari ada banyak kebiasaan kecil yang sebenarnya membuatmu boros.

Berikut beberapa di antaranya yang dilansir dari Lifehack.

Membeli barang karena murah

Banyak yang berpikir bahwa membeli barang murah termasuk berhemat. Kenyataannya, barang itu kualitasnya rendah dan membuatmu terus menerus membeli barang yang sama dalam jangka pendek. Lebih baik investasi dengan membeli barang yang sedikit lebih mahal namun memiliki kualitas lebih baik.

Membeli barang diskon

Diskon memang menarik, namun ini tidak membuatmu berhemat. Sering kali barang yang kamu beli di rak diskon bukan barang yang kamu butuh. Kamu secara impulsif membelinya karena tertarik tulisan diskon.

Akses rekening tabungan terlalu mudah

Dengan menyimpan kartu ATM untuk rekening tabungan dan operasional di dompet akan membuatmu mudah tergoda menggunakannya untuk belanja. Kamu dapat mengubahnya dengan menempatkan tabunganmu di tempat yang dapat membuatmu berpikir dua kali ketika ingin mengambilnya.

Tak menunggu 30 hari saat akan melakukan pembelian besar

Jangan menjadi pembeli impulsif. Salah satu caranya adalah dengan pikir setidaknya sampai 30 hari apabila kamu ingin membeli sesuatu yang besar atau mahal. Sering kali, kamu akan terkejut menyadari pikiranmu berubah dalam 30 hari. Bisa jadi kamu berpikir tidak butuh barang tersebut.

Tidak memiliki tujuan keuangan yang realistis

Kamu harus memiliki tujuan jelas dalam menabung. Dengan demikian, kamu bisa dengan jelas merancang sesuatu agar lebih produktif, khususnya untuk jangka panjang.

Tidak merinci daftar belanja

Hal ini mirip pembeli impulsif. Jangan pernah berbelanja dalam keadaan lapar. Kamu akan membeli makanan 20 persen lebih banyak dari yang kamu butuh. Hal itu juga akan membuatmu lebih boros.

Tulis secara rinci barang yang kamu butuh dan konsisten dengan daftar itu.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com