Advertorial

Patut Ditiru, Ini Cara Perusahaan Menebar Kebaikan bagi Lingkungannya

Kompas.com - 04/07/2017, 09:27 WIB

Selain menjalankan kegiatan operasional, sebuah perusahaan haruslah memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. BCA Syariah sebagai salah satu lembaga perbankan berbasis Islami turut menjalankan program tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih menyatakan ada beberapa fokus utama penyaluran tanggung jawab sosial BCA Syariah sebagai bentuk give back BCA Syariah kepada masyarakat. Program tersebut dikemas dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA Syariah Peduli. Dalam program ini terdapat tiga fokus utama, yaitu BCA Syariah Peduli Sosial, BCA Syariah Peduli Prestasi, dan BCA Syariah Peduli Sejahtera.

“Kami ada alokasi untuk pendidikan, kesehatan, dan UMKM di BCA Syariah,” kata John saat ditemui di sela-sela acara buka puasa bersama penerima donasi BCA Syariah Peduli di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (20/6/2017).

Pendidikan, kesehatan, dan faktor sosial lainnya merupakan hal yang krusial bagi masyarakat. Oleh karena itu, BCA Syariah Peduli berfokus pada aspek ini untuk turut mengembangkan potensi masyarakat di sekitarnya.

-

BCA Syariah Peduli Sosial berfokus kepada layanan kesehatan, lingkungan, dan upaya peningkatan hubungan perusahaan dengan masyarakat. BCA Syariah Peduli Prestasi memerhatikan pendidikan, peningkatan keterampilan, dan perbaikan sarana pendidikan. Sementara BCA Syariah Peduli Sejahtera menitikberatkan pada upaya peningkatan perekonomian masyarakat kecil, terutama pelaku UMKM.

Adapun penyaluran dana untuk BCA Syariah Peduli Pendidikan salah satunya diwujudkan dalam beasiswa dan peralatan sekolah. Sedangkan salah satu bentuk penyaluran dana untuk BCA Syariah Peduli Sosial dapat dilakukan dengan revitalisasi fasilitas tempat Ibadah dan sarana umum untuk masyarakat sekitarnya.

“Kalau untuk pendidikan dan jesehatan sudah jelas. Untuk pemberdayaan UMKM ini, dengan dana qardhul hasan, kami memberikan dana bergulir bagi pengusaha mikro yang membutuhkan bantuan modal usaha. Nantinya mereka cukup mengembalikan pokoknya saja tanpa dibebankan bagi hasil atau marjin”, tutur John Kosasih kepada wartawan.

John berharap program ini dapat membantu masyarakat, sehingga kemudian dana yang berasal dari denda-denda ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar BCA Syariah untuk meningkatkan perekonomiannya. 

-

Dalam kesempatan ini pun BCA Syariah secara simbolis memberikan donasi kepada beberapa pihak, yaitu bingkisan Idul FItri kepada Pekerja Harian Lepas Kelurahan Balimester, Bantuan Revitalisasi Masjid Yayasan At-Taubah Bantuan revitalisasi Masjid Yayasan At Taubah, serta pemberian 1.000 Paket Peralatan sekolah kepada anak yatim dan dhuafa yang dilakukan di Jabotabek, Surabaya, Solo, dan Medan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com