Advertorial

Di Indonesia, Gaji Pekerja Wanita Lebih Tinggi dari Pria

Kompas.com - 04/07/2017, 11:30 WIB

Indonesia bisa dibilang sebagai negara yang menjunjung persamaan gaji antara wanita dan pria. Bahkan, di beberapa bidang, pekerja wanita mendapat gaji lebih tinggi dari pekerja pria.

Sebagaimana dikutip dari Smart-money.co, Jobplanet, sebuah situs yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan survei kepada 46 ribu staf dan 14 ribu manajer di Indonesia.

Survei tersebut dilakukan kepada 49 persen responden pria dan 51 persen responden wanita. Dari survei itu, Jobplanet menemukan fakta bahwa gaji pokok (tanpa tunjangan dan  bonus) rata-rata staf wanita di Indonesia adalah Rp 3.660.000. Angka tersebut lebih tinggi 1,1 persen dibandingkan dengan gaji rata-rata staf pria, yakni Rp 3.621.000.

Sementara di tingkat manajer, gaji pokok rata-rata wanita adalah Rp 7.690.000. Angka tersebut lebih tinggi 4,6 persen dibanding gaji pokok rata-rata pria di level manajer, yakni Rp 7.356.000.

Rupanya, bidang-bidang pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi untuk wanita di level staf adalah hukum, mesin, dan personalia. Lalu, pada level manajer, wanita di bidang pengembangan bisnis, mesin, keuangan, dan akuntansi, serta riset dan pengembangan memiliki gaji lebih tinggi 7-14 persen daripada manajer pria.

Sumber: Smart-money.co

 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com