Advertorial

Mudik dengan Motor? Sebelum Berangkat Cek Dulu Beberapa Komponen Ini

Kompas.com - 04/07/2017, 23:39 WIB

Hanya dalam hitungan hari Idul Fitri akan tiba. Berarti sudah saatnya untuk siap-siap mudik. Berbagai jenis moda transportasi digunakan sebagai sarana untuk mencapai kampung halaman. Mulai dari bus, kereta, pesawat, kapal laut, mobil, hingga motor.

Nah, bagi Anda yang tahun ini memilih menempuh perjalanan ke kampung halaman dengan motor, sebaiknya melakukan persiapan. Termasuk mengecek kesiapan motor yang akan digunakan. Tujuannya agar perjalanan lancar, aman, dan nyaman.

Ada beberapa komponen penting pada motor yang harus diperiksa sebelum memulai perjalanan. Apa saja? Berikut penjelasannya. 

1. Kondisi fisik motor

Cek kondisi fisik mulai dari indikator seperti speedometer, odometer, indikator bahan bakar dan sebagainya. Pastikan semua berfungsi dengan baik. Bahaya jika Anda tidak bisa memastikan kecukupan bahan bakar saat perjalanan hanya karena indikatornya mati.

Selain itu periksa juga kondisi ban. Lihat kembang pada ban untuk memastikan daya cengkeramnya. Jika sudah botak sebaiknya ganti karena berisiko slip di jalan dan membahayakan keselamatan. Cek juga kecukupan tekanan angin pada ban.

Jika motor Anda masih menggunakan rantai periksa juga bagian ini. Jika berkarat segera ganti karena berisiko putus dan Anda pun tidak dapat melanjutkan perjalanan.  Setelah itu cek baut-baut pada motor. Pastikan semuanya terpasang sempurna.

2. Sistem penerangan dan klakson

Untuk meminimalisasi risiko kecelakaan pengecekan sistem penerangan juga sangat penting. Saat mudik Anda kemungkinan akan menempuh perjalanan di malam hari atau di saat hujan. Oleh karena itu pastikan semua lampu motor berfungsi. Mulai dari lampu depan, lampu rem, hingga lampu sein kiri dan kanan. Klakson juga penting.

3. Busi dan karburator

Saat servis sepeda motor sebelum berangkat mudik, sebaiknya sekalian lakukan penggantian busi. Minta pihak bengkel untuk juga mengecek karburator dan klep. Karburator yang kotor akan menghambat aliran bensin. Tidak lucu kan jika motor tersendat-sendat saat perjalanan mudik karena busi tidak berfungsi baik dan karburator kotor. 

4. Filter oli dan aki

Filter oli ada kaitannya dengan sirkulasi pelumas ke komponen mesin motor. Jika filter oli kotor sirkulasi pelumas ke mesin tidak lancar dan performa mesin pun akan terganggu. Begitu juga dengan aki. Pastikan tegangannya berada pada kondisi normal sesuai standar pabrikan agar performa motor tetap prima.

5. Kemudi  dan sistem pengereman

Cek bearing pada kemudi agar handling tetap mantap selama perjalanan. Selain itu cek juga kondisi kampas rem dan minyak rem. Jika kampas rem sudah tipis atau bahkan aus sebaiknya diganti.

Sebenarnya pemerintah hingga saat ini terus berupaya untuk mengurangi jumlah pemudik bermotor karena alasan keselamatan. Caranya dengan mengadakan mudik gratis dan beragam program lainnya.

Namun bagi Anda yang tidak kebagian kuota program-program tersebut atau memang sudah merasa nyaman mudik dengan motor, ikuti langkah persiapan di atas. Cek semua komponen, jaga kesehatan dan kondisi tubuh, hindari jalan yang tidak banyak dilalui pemudik agar lebih aman, dan jangan lupa patuhi aturan lalu lintas.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah menggunakan jenis motor yang tepat untuk perjalanan jauh. Misalnya saja seperti Yamaha All New Vixion. Motor ini terkenal tangguh sebagai motor touring. Selain itu nyaman untuk dikendarai pada jarak tempuh yang cukup panjang.

All New Vixion menggendong mesin 150 cc LC4V dengan enam percepatan yang berdurabilitas tinggi, bertenanga, dan responsif. Pada mesin baru ini disematkan fitur assist, slipper clutch, dan VVA.

Fitur assist membuat kopling lebih ringan, sementara slipper clutch membuat perpindahan gigi jadi lebih halus. Motor dapat diakselerasi lebih cepat. Fitur VVA memastikan motor tetap irit bahan bakar meskipun tenaga yang dialokasikan besar.

Motor ini juga kokoh dan stabil untuk perjalanan jauh.  Rangka deltabox dibuat dengan alumunium sehingga ringan. Pengkombinasian desain frame deltabox dengan new rear arm membuat handling lebih mantap. Bermanuver di medan sulit lebih maksimal. Ditambah dengan ban belakang yang lebih lebar, motor ini tidak cepat goyah.

Desainnya pun semakin dinamis dan mendukung kenyamanan pengendara. Indikator bahan bakar dan speedometer sudah digital dengan shift timing light. Lebih jelas dan akurat. Selain itu visibilitas pengendara selama mengendarai All New Vixion juga terjamin berkat sistem penerangan LED. Mudik aman dan nyaman.

Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com