Advertorial

Tips dan Trik Bebas Stres Saat Mudik dengan Motor

Kompas.com - 07/07/2017, 17:14 WIB

Jika Anda kehabisan tiket bus, kereta api, atau pesawat untuk mudik ke kampung halaman, sepeda motor bisa menjadi pilihan terakhir. Sejumlah pihak sebetulnya menganjurkan masyarakat untuk tidak menggunakan motor untuk mudik, sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya mengendarai motor untuk mudik dinilai lebih rentan terhadap risiko kecelakaan.

Namun bila Anda harus menggunakan sepeda motor untuk mudik, sebenarnya tidak masalah, asal tetap berhati-hati, taat peraturan lalu lintas, motor tidak ditumpangi lebih dari dua orang, dan segera beristirahat jika lelah.

Nah, jika Anda termasuk salah satu pemudik yang akan pulang kampung menggunakan motor, cobalah buat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Memang, perjalanan selama belasan jam dengan sepeda motor akan amat melelahkan dan membosankan. Namun dengan cara-cara ini, Anda dapat merasakan pengalaman berkendara ke kampung halaman tanpa rasa stres.

Jalan beriringan dengan rombongan pemudik lainnya

Beruntunglah Anda bila bisa mudik menggunakan motor bersama dengan kerabat, teman-teman, atau pemudik lain yang tujuannya sama. Dalam perjalanan, Anda tak mungkin merasa sendiri, sebab ada rombongan pemudik lain yang terus mengiringi. Bukan sekadar berangkat bersama, tetapi juga saling membantu dan mengingatkan jika mesin motor bermasalah, ada bahaya di jalan, atau cuaca buruk. Saat beristirahat, rombongan pemudik pun bisa saling menghibur dengan cerita dan canda.

Membawa barang secukupnya

Saat berkendara menuju kampung halaman, Anda cukup membawa barang seperlunya. Selebihnya, jika tidak cukup dibawa di motor, kirimkan saja barang tersebut lewat jasa pengiriman paket. Dengan sedikit barang bawaan, maka Anda tak repot berboncengan, serta mengendalikan motor lebih mudah. 

Tidak perlu ngebut

Paci kendaraan Anda seperlunya, tidak perlu tergesa-gesa untuk sampai di tujuan. Bila lebih “santai” Anda tidak akan terlalu emosi menghadapi kondisi lalu lintas dan keadaan jalan, sehingga bisa sampai di rumah keluarga dengan tenang dan nyaman.

Persiapkan kondisi motor

Sebelum berangkat, pastikan kondisi motor prima supaya tidak ada kerusakan di tengah perjalanan. Bicara soal motor yang prima untuk perjalanan jarak jauh, Yamaha All New Vixion R adalah pilihan yang tepat. Motor yang tangguh untuk segala medan perjalanan ini menggunakan mesin 155cc dan 6 percepatan  dengan teknologi VVA yang membuat tenaga mesin semakin besar tetapi irit bahan bakar.

Secara desain All New Vixion R tampak kokoh, dengan rangka Deltabox dan new design aluminium rear arm yang membuatnya selalu stabil saat dikendarai. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir motor goyah saat menerjang angin kencang dalam perjalanan mudik.

Motor yang memang dirancang untuk perjalanan jarak jauh ini tampak semakin gagah dan sporty dengan tapak ban belakang yang lebih lebar (130/70-17M/C 62P) serta desain pelek yang baru. Ketika hari telah berganti jadi malam, Anda tetap bisa selalu waspada, sebab All New Vixion R memiliki lampu depan dan belakang LED serta dilengkapi lampu hazard.

Jika All New Vixion R dirancang untuk perjalanan jarak jauh, varian All New Vixion lainnya dirancang untuk aktivitas sehari-hari. All New Vixion menggunakan mesin 150cc LC4V yang bertenaga dan responsif.

Motor ini unggul dengan fitur assist yang membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan, serta slipper clutch yang membuat perpindahan gigi jadi lebih halus, sehingga akselerasi lebih cepat.

Motor ini dilengkapi dengan teknologi DiASil Cylinder dan Forged Piston yang membuat daya tahan mesin 3 kali lebih awet, 3 kali lebih kuat dan 3 kali lebih ringan.

Pastikan perjalanan mudik Anda aman, nyaman, dan menyenangkan dengan mengikuti tips-tips di atas, dan memilih motor yang tepat.

Untuk info lebih lanjut, silakan klik di sini. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com