Advertorial

10 Kota dengan Jam Kerja Paling Santai di Dunia

Kompas.com - 11/07/2017, 19:02 WIB

Sebagai karyawan mungkin tiap harinya kamu bekerja selama 9 jam sehari, yang dimulai dari jam sampai jam 5 sore. Namun pernahkah kamu menghitung total jam kerjamu dalam satu tahun?

Apabila dirata-ratakan, orang Indonesia bekerja selama 9 jam sehari atau 45 jam satu minggu. Bila hitungan kasar setahun ada 52 minggu, maka total jam kerja di Indonesia selama setahun mencapai 2.340 jam per tahun.

Lalu, apakah Indonesia termasuk santai atau tidak dengan lama total jam kerja sebanyak itu? Jawabannya tidak.

Berdasarkan hasil penelitian UBS Report, Paris menduduki urutan teratas sebagai kota paling santai di dunia. Rata-rata penduduk di Paris hanya bekerja 1.604 jam per tahun atau sekitar 35 jam per pekan.

Setelah Perancis masih ada Lyon, Moscow, Helniski, Vienna, Milan, Copenhagen, Luxembourg. Vilnius, dan Brusells yang menjadi 10 kota teratas dengan jam kerja paling santai di dunia. Brusells yang menempati posisi ke-10 memiliki rata-rata jam kerja per tahunnya selama 1.717 jam.

Sedangkan Hongkong merupakan tempat dengan jam kerja terberat di dunia. Rata-rata dalam satu tahun, penduduk Hongkong harus bekerja selama 2.606 jam atau lebih dari 50 jam per pekan.

Jika melihat angka dari kota Paris dan Hongkong, maka Indonesia termasuk negara yang sedang-sedang saja, tidak terlalu berat atau tidak terlalu santai.

UBS Report juga telah melakukan penelitian terhadap jam kerja karyawan di Indonesia. Hasilnya tidak berbeda jauh, yaitu di angka 2.102 jam per tahun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com