Advertorial

Ini Cara Didik Anak Agar Sukses dan Cukup Finansial Saat Dewasa

Kompas.com - 12/07/2017, 11:32 WIB

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya kekurangan dan menjalani kehidupan yang sulit ketika dewasa. Setiap orang tua ingin melihat anak bertumbuh menjadi orang yang sukses dalam karier dan memiliki kecukupan finansial.

Namun anak-anak tidak akan mampu bertumbuh menjadi orang yang sukses, bijaksana mengatur keuangan, dan berkecukupan dengan sendirinya. Mereka perlu contoh dan bimbingan dari orang tua.

Sejak kecil anak harus dididik agar memiliki dasar ilmu keuangan yang baik. Sayangnya masih sedikit orang tua atau guru di sekolah yang menyadari kebutuhan ini. Nah, jika ingin mulai mengajari anak pengetahuan keuangan dasar dan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuatnya kaya secara finansial di masa depan, ikuti tips ini.

Pertama, ajari anak untuk memiliki kebiasaan positif yang membuatnya sukses. Batasi penggunaan media sosial, ponsel, dan televisi tidak lebih dari satu jam sehari. Biasakan anak lebih banyak membaca buku yang bersifat edukatif. Setidaknya anak harus membaca satu atau dua buku setiap bulan.

Kedua, ajari anak untuk punya target jangka pendek dan jangka panjang. Namun, pastikan juga anak memiliki pola pikir bahwa membuat kesalahan adalah hal baik karena anak akan memahami bahwa dasar kesuksesan adalah belajar dari kesalahan.

Beri hukuman pada anak bila mereka marah agar mereka paham pentingnya mengendalikan emosinya sendiri.

Ketiga, buat anak agar mau menabung 25 persen dari uang jajan yang ia terima. Ajak juga agar mereka bijaksana membelanjakan uang jajannya. Selain itu, ajari anak pentingnya membangun hubungan, misalnya minta ia mengundang teman, guru atau keluarga ketika ulang tahun.

Orang tua dan anak juga perlu menyisihkan satu jam sehari untuk saling berbicara, bukan lewat Facebook, ponsel, tapi tatap muka langsung. Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah, ajari anak cara mengelola waktu.

Misalnya, biasakan ia membuat daftar yang harus dilakukan dan orang tua mengawasinya. Selamat mencoba.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com