Advertorial

Tren Saat Ini: Semakin Kaya, Semakin Dermawan

Kompas.com - 12/07/2017, 19:00 WIB

Data sensus miliarder yang dipublikasikan oleh Wealth-X tahun 2015-2016 menunjukkan bahwa total kekayaan miliarder dunia melonjak naik 5,4 persen menjadi 7,7 triliun dollar AS. Angka ini tertinggi sepanjang sejarah.

Sebagai contoh, di Amerika Serikat tingkat Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 17 triliun dollar AS. Artinya, ketika ekonomi sedang bergejolak, para orang kaya ini malah mengalami kenaikan harta.

Namun menariknya, meski semakin kaya semakin banyak miliarder di dunia yang menjadi dermawan. “Seiring melonjaknya harta kekayaan yang dimiliki, para jutawan juga semakin dermawan,” ungkap hasil riset Wealth-X.

Sensus Wealth-X menunjukkan, filantropi atau kecintaan terhadap sesama manusia menjadi hal utama yang diperhatikan para miliarder di 2014. Lebih dari 56 persen dari total miliarder dunia terlibat atau tertarik untuk ambil bagian dalam aktivitas filantropi.

Yayasan Bill and Melinda Gates dan the Giving Pledge yang didukung Warren Buffett menjadi beberapa contoh yang disebut dalam laporan Wealth-X. Para miliarder itu menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk membuat perubahan di dunia.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com