Advertorial

Layani Masyarakat Rural, BNI Siapkan Agen46

Kompas.com - 12/07/2017, 20:08 WIB

Layanan dari perbankan tak hanya dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan. Masyarakat rural atau pedesaan yang berada di daerah-daerah juga membutuhkan layanan perbankan untuk menunjang perekonomian mereka.

Oleh sebab itu, pada tahun 2017 ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI akan memberikan layanan keuangan mikro hingga ke daerah-daerah yang belum tersentuh layanan perbankan. Melalui lebih dari 55.000 Agen46 yang telah tersebar di 34 provinsi diharapkan dapat membantu masyarakat rural.

Agen46 sendiri merupakan kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan baik kepada masyarakat daerah yang belum memiliki akses terhadap perbankan maupun bagi masyarakat perkotaan dengan nilai transaksi yang kecil. Salah satu perkembangan bisnis dari BNI ini memiliki tujuan untuk meningkatkan inklusivitas dan literasi keuangan bagi masyarakat yang terkendala mendapatkan layanan perbankan.

Dengan adanya Agen46, masyarakat dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan, seperti pembukaan rekening, setoran, tarik tunai, pembelian pulsa, token listrik, pembayaran tagihan listrik, PDAM, kartu kredit, tv berlangganan, iuran BPJS Kesehatan, serta pemesanan atau pembelian tiket pesawat dan hotel.

Berbagai upaya perbaikan serta memperkaya fitur pun dilakukan oleh BNI melalui Agen46. Ke depannya, fitur Kredit Usaha Mikro, Asuransi Mikro, dan Remittance juga dapat dilayani oleh Agen46, serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dengan adanya layanan Kredit Usaha Rakyat Mikro, masyarakat yang membutuhkan tambahan modal usaha cukup datang ke Agen46 terdekat untuk proses pengajuannya. Tak hanya itu, bagi masyarakat yang membutuhkan asuransi jiwa dengan premi murah, yaitu minimal Rp 50.000, cukup datang ke Agen46 untuk melakukan pendaftaran, dan secara online premi diterbitkan.

Meski akan memberikan layanan perbankan kepada masyarakat, tantangan tetap dihadapi BNI dalam mengelola bisnis ini. Salah satunya adalah edukasi kepada masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, BNI melakukan strategi dengan mengoptimalkan channel dan jaringan internal BNI melalui adanya petugas cabang yang fokus menangani proses rekrutment dan maintain Agen46. Dengan demikian, Agen46 akan memiliki kapabilitas dan pemahaman produk yang dilayani untuk membantu BNI memberikan edukasi finansial inklusi kepada masyarakat.

Tak berhenti di situ, untuk membantu menjangkau masyarakat rural, BNI juga bekerja sama dengan mitra bisnis yang memiliki jaringan luas di seluruh nusantara. Dengan adanya kerja sama yang sinergi tersebut, diharapkan dapat terus memperluas jaringan Agen46.

Salah satu bukti keseriusan BNI dalam mengelola bisnis Agen46 ini adalah dengan penghargaan-penghargaan yang diraihnya. Seperti BUMN Marketers Award yang diadakan oleh Mark Plus, BNI melalui Agen46 berhasil meraih kategori perusahaan Promising Company In Strategic Marketing Silver Winner dan Promising Company In Tactical Marketing Silver Winner.

Informasi lebih lengkap mengenai Agen46 dapat diperoleh di https://agen46.co.id/. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com