Advertorial

Motor Bebek Juga Bisa Diandalkan untuk “Touring”, Asal...

Kompas.com - 14/07/2017, 18:05 WIB

Touring baik jarak dekat maupun jauh atau melakukan perjalanan dengan sepeda motor bersama rekan-rekan sekomunitas tidak selalu harus menggunakan motor gede, seperti motor sport. Meskipun motor sport diyakini lebih bertenaga dan tangguh untuk melaju dengan kecepatan tinggi, motor bebek pun dengan kemampuan yang sama bisa diandalkan untuk touring.

Namun, tak sembarang motor bebek bisa “Kencang” dan “Tangguh” untuk perjalanan keliling kota. Ada sejumlah “persyaratan” yang harus dimiliki si motor bebek untuk ikut touring. Pastikan motor bebek yang Anda miliki memenuhi syarat-syarat di bawah ini supaya perjalanan touring Anda nyaman dan menyenangkan.

Yang pertama adalah kapasitas mesin motor Anda. Umumnya, motor bebek memang didesain untuk penggunaan sehari-hari atau jarak dekat, sehingga kapasitas cc-nya tidak terlalu besar. Namun, jika motor bebek Anda telah didukung dengan mesin bertenaga 150 cc, berarti motor tersebut bisa dikategorikan nyaman untuk diajak touring.

Posisi berkendara juga berpengaruh terhadap kenyamanan dan gaya anda selama berkendara. Salah satu kriterianya adalah posisi berkendara tegak dengan desain bagian depan yang merunduk dengan pemusatan beban ke area depan sehingga tidak mudah capek saat touring. Kerennya, posisi berkendara ini pun bikin Anda tampak sporty dan agresif.

Suspensi depan dan belakang pun sebaiknya berukuran besar layaknya motor sport. Bila motor bebek Anda sudah dilengkapi suspensi tersebut, tandanya motor tersebut siap mengantar pengendaranya berpetualang keliling kota dengan kencang dan stabil.

Lalu bagaimana dengan fitur-fitur yang ada? Kalau motor bebek Anda memiliki fitur-fitur yang serupa dengan motor sport, maka tak perlu ragu pada kemampuannya untuk touring. Misalnya, motor bebek Anda dilengkapi dengan ban berukuran besar di bagian depan dan belakang. Dengan fitur tersebut, motor akan lebih stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi, menerjang segala medan jalanan.

Yang tak kalah penting, sebelum memutuskan berangkat, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih rute touring dengan jarak yang masih bisa dijangkau oleh motor bebek Anda.

Untuk pemula, Anda bisa mengambil rute dengan jarak yang “aman”. Perjalanan keliling kota atau city tour contohnya. City tour tak kalah asyik bila dibandingkan dengan touring  ke luar kota. Dari perjalanan keliling satu kota, Anda juga masih bisa merasakan sensasi wisata yang seru, sambil menguji ketahanan motor bebek Anda.

Di Indonesia, motor bebek yang dikenal andal untuk transportasi sehari-hari maupun city touring adalah Honda Supra GTR150. Motor bebek berkonsep sport touring ini memenuhi semua “persyaratan” di atas, mulai dari mesin, bodi, sampai fitur-fiturnya.

- -

“Saya senang sekali mengeksplorasi tempat wisata ataupun kuliner di perkotaan. Sebagai pecinta city touring, tentunya saya mencari motor yang nyaman buat touring dan tangguh di jalanan. Dari motor-motor yang pernah saya coba, paling cocok dengan Honda Supra GTR150. Motor ini bisa fungsional untuk sehari-hari juga nyaman buat touring bareng komunitas saya," ujar Dono Ageng Ndaru (Bro Ndaru) dari Honda GTR 150 Club (HGRC) Jakarta.

Supra GTR150 memiliki mesin bertenaga 150cc berteknologi DOHC dengan 6 tingkat kecepatan. Kapasitas mesin ini membuat performanya tangguh saat dibawa berkendara keliling kota dengan kecepatan optimal, layaknya motor sport.

Bukan hanya kinerjanya yang disebut serupa dengan motor sport, tetapi juga desain bodinya. Dengan suspensi depan dan belakang yang sporty dan kokoh serta ban depan dan belakang yang besar,motor bebek ini bakal tetap stabil dan seimbang di berbagai kondisi jalanan. Warna dan desainnya juga menambah kesan sporty, tangguh, dan agresif.

Tak kalah penting, motor bebek ini dilengkapi lampu depan LED dengan fitur Multireflektor Layer Ganda, sehingga berkendara di malam hari pun terasa aman. Ditambah lagi, Supra GTR150 punya panelmeter kombinasi digital dan analog yang informatif.

Honda Supra GTR150 disebut sebagai motor bebek sport touring yang cocok digunakan untuk berkeliling kota bersama teman-teman sekomunitas. Pada akhir pekan, mungkin Anda bisa menjajalnya dengan berwisata dari satu tempat ke tempat lain dengan kecepatan optimal.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Honda Supra GTR150, silakan klik tautan berikut. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com