Advertorial

Pengembangan Avanza Sesuai Pasar Tanah Air

Kompas.com - 15/07/2017, 22:15 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Avanza masih menjadi mobil low multi purpose vehicle (LMPV) terlaris di Indonesia sampai saat ini. Ini lantaran Toyota Avanza dianggap sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Pihak Toyota mengatakan, kalau pengembangan Avanza dilakukan dengan serangkaian survey, demi memastikan seperti apa sebetulnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Bahkan, tim Toyota secara langsung turun ke lapangan hingga pelosok daerah, demi mendapat informasi akurat.

Dalam wawancara beberapa waktu lalu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor kalau Avanza tetap menjadi backbone sampai kapanpun, meski harganya terus naik dan pesaing bermunculan. Apalagi jika nanti kalau ada perubahan model lagi, pasti akan booming lagi.

Kepercayaan diri itu tentunya bukan omong-kosong belaka, tapi sesuai dengan hasil riset dan data lainnya, terutama dari sisi penjualannya yang masih berada di puncak sampai detik ini.

Proses Panjang

Berbagai rumusan penting mulai tersarikan, dari survey panjang yang dilakukan Toyota kala itu, mulai dari harganya yang harus murah, dan yang penting lagi mampu menampung banyak penumpang. Sehingga pilihan tiga baris bangku menjadi sesuatu yang mutlak.

Selain itu, dimensi bodi Avanza harus ringkas tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai mobil keluarga. Pasalnya banyak calon pembeli Avanza saat itu, memiliki rumah di wilayah dengan jalan yang kecil dan area garasi terbatas.

Daya tahan kendaraan juga menjadi poin penting, karena kultur masyarakat yang memposisikan kendaraan sebagai prioritas jangka panjang. Mereka ingin kendaraan kesayangan mereka tetap bisa dipakai hingga 5–10 tahun ke depan, tanpa kendala berarti dan ketika dijual, kendaraan tersebut tidak mengalami penurunan signifikan.

Dari situ, maka lahirlah Toyota Avanza yang meski usianya saat ini sudah hampir 14 tahun, dan masih menjadi primadona mobil penumpang Tanah Air. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com