Advertorial

Bangkitkan “Memori” akan Toyota Avanza

Kompas.com - 15/07/2017, 22:18 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Siapa yang tak kenal “Avanza”, produk dari merek mobil Toyota yang sudah menjadi ikon kendaraan penumpang tanah air? Sejauh mata memandang, sulit dipungkiri kalau wujud MPV sejuta umat ini memang selalu tampak.

Diperkenalkan pertama kali pada 2003 lalu, Avanza punya cerita yang tak terbilang singkat. Pasca gejolak perekonomian dalam negeri yang terjadi pada 1998 lalu, membuat mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini jadi solusi baru mobilitas keluarga Indonesia, terutama karena harganya yang terjangkau.

Pasalnya, pada krisis moneter 1998 lalu membuat harga kendaran melambung tinggi, di mana  model pendahulunya Kijang, tak sanggup lagi mempertahankan status terjangkaunya, sehingga terpaksa harus ikut naik. Ini yang akhirnya membuat Toyota harus mencari jagoan baru di segmen mobil keluarga.

Transformasi

Sejak kelahiran perdananya sampai saat ini, Avanza sudah mengalami berbagai transformasi, mulai dari tampilan sampai teknologi, tentunya mengikuti perkembangan zaman. Meski begitu, kerekatanya dengan rakyat masih sulit untuk dilepaskan.

Pada 2015 lalu, Avanza resmi menyandang gelar “Grand New”, di mana highlight-nya ada pada penggantian mesin dari VVT-i menjadi Dual VVT-i , atau dari K3-VE (1.3L) dan 3SZ-VE (1.5L) menjadi 1NR-VE (1.3L) dan 2NR-VE (1.5L).

Bisa Diandalkan

Meski usianya saat ini sudah mencapai 14 tahun, tapi performanya masih bisa diandalkan. Pada perayaan 10 tahun di 2014 lalu, Toyota pecut Avanza untuk mengarungi jalanan dari titik terbarat sampai ke paling timur nusantara pada program Avanzanation Journey 2014.

Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar satu bulan, mulai dari 6 Februari sampai 9 Maret 2014, Avanza berhasil singgah di 45 kota dengan total jarah yang ditempuh mencapai 35.000 kilometer.

Demi mengapresiasi permintaan konsumen, tahun ini Avanzanation kembali dilakukan. Tidak hanya sekedar perjalanan yang berlangsung di 15 kota, tapi juga akan ada beragam program menarik di diler-diler Toyota.

Sepajang perjalanan, rombongan yang terdiri dari teman-teman komunitas akan menyambangi berapa landmark di masing-masing kota, sembari melakukan Corporate Social Responsibility (CSR). (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com