Advertorial

Mengingat Kembali Keunggulan Toyota Avanza

Kompas.com - 16/07/2017, 21:22 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -  Toyota Avanza sudah menemani masyarakat Indonesia sejak tahun 2003.  Total penjualan selama hampir 14 tahun itu sudah mencapai 1,6 juta unit, bahkan mampu menembus penjualan 1 juta unit tercepat di Tanah Air.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Avanza masih mampu bertahan di urutan pertama di antara semua merek. Masyarakat memilih kendaraan multi guna bawah andalan Toyota itu dikarenakan punya segudang keunggulan dan dirasakan sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia.

Bicara mengenai kontur jalan, Indonesia dikenal cukup ekstrim dan beragam.  Oleh karena itu, dibutuhkan mobil yang mampu menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Berkat sistem gerak roda belakang, gejala roda slip bisa diminimalisir, khususnya ketika jalan menanjak  Avanza tetap bisa melintas dengan lancar.

Sistem gerak roda belakang juga menjadi daya tarik buat Avanza, karena punya kelebihan dari sisi daya tahan komponen kaki-kaki dan suspensi, sehingga memiliki usia pakai lebih lama.

Bukan hanya itu, poin penting yang dimiliki Avanza, yaitu  ground clearance ideal atau sesuai dengan kondisi jalan di Tanah Air. Bahkan, untuk urusan ini Avanza tercatat sebagai MPV yang memiliki ground clearance ideal, yakni 200 mm dari permukaan jalan.

Daya tarik lain terdapat pada penggunaan sasis semi-monokok yang digabung dengan sub-frame atau disebut dengan Unibody. Keunggulannya, sasis bagian tengah ke depan menggunakan ladder frame, sementara setengah ke belakang sasis monokok.

Sasis Unibody ini sangat sesuai dengan sistem gerak roda belakang, bahkan punya daya tahan lebih baik. Menariknya lagi dipadu padankan dengan teknologi Global Outstanding Assessment (GOA), sehingga hasilnya mampu melindungi seluruh penumpang. Paling penting, membuat maneuver dan handling tetap baik.

Tak berhenti sampai di situ, kapasitas tujuh penumpangnya juga dibuat nyaman dan aman. Namun, buat yang membawa barang bawaan lebih banyak, jok baris ketiga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi, dan sistem melipatnya juga cukup mudah, hanya melipat sandaran jok, lalu menekan tuas di bawah.

Setiap tahunnya juga selalu mengalami ubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satunya hadir varian baru, yaitu Veloz. Varian ini sudah memiliki akomodasi yang lebih nyaman dengan konfigurasi pelipatan bangku ketiga 50:50.

Bicara mengenai fitur safety, Avanza pertama di kelasnya yang sudah dilengkapi 3 poin seatbelt, headrest terpisah untuk penumpang tengah baris kedua, warning seatbelt penumpang, dan power window dengan jam protection di sisi pengemudi.

Paling penting, sudah dilengkapi dengan side impact beam untuk mengurangi intrusi saat tabrakan samping, serta tersemat fitur Isofix yang cocok dengan child seats, hingga wireless key beserta immobilizer. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com