Perjalanan Toyota Avanza di Indonesia - Kompas.com
Advertorial

Perjalanan Toyota Avanza di Indonesia

Kompas.com - 17/07/2017, 19:38 WIB
-- -

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Avanza hadir sebagai produk yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif di Indonesia. Generasi pertama Avanza lahir pada akhir 2003 dan sampai sekarang masih menjadi mobil keluarga tervaforit masyarakat Tanah Air. 

Awal kehadiran kendaraan multi guna bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) itu dari krisis moneter di Indonesia pada 1998 yang menyebabkan harga kendaraan bermotor melambung dalam sejarah otomotif. Ketika itu, Toyota Kijang sebagai mobil keluarga mengalami kenaikan harga yang cukup drastis. 

Toyota pun berusaha merumuskan jagoan baru di segmen mobil keluarga, dan lahirlah Avanza pada Desember 2003. Sudah hampir 14 tahun menemani masyarakat Indonesia, Avanza sudah banyak mengalami penyegaran, bahkan kini masuk ke generasi kedua. 

Selang waktu tiga tahun dari pertama diluncurkan, Avanza generasi awal mengalami minor change, seperti mengadopsi mesin VVT-I, desain eksterior dan interior baru, hingga pengembangan dari sisi kenyamanan berkendara. 

-- -

Dua tahun selanjutnya, kembali mengalami penyegaran terutama dari bagian desain eksterior dan interior. Berlanjut pada 2009 hadir varian baru, yakni 1.3 G A/T dan satu tahun setelahnya hadir 1.3 E A/T. 

Selanjutnya, Avanza generasi kedua lahir pada 2011 dengan banyak ubahan. Bahkan tersedia varian baru, yakni Avanza Veloz dengan mesin 1.5 A/T dan 1.5 M/T, hingga tersedia pilihan warna baru pada masing-masing tipe. 

Berjalan dua tahun, generasi kedua mobil keluarga itu kembali mengalami penyegaran. Fokus utama pada sisi safety, meningkatkan kenyamanan berkendara dan tempat duduk, hingga  desain interior yang dibuat lebih beda. 

Penyegaran terakhir dilakukan pada 2015, dan saat itu disebut sebagai Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Bukan sekedar hadir dengan konsep desain baru, tetapi mengalami ubahan dari sektor teknologi mesin, menjadi dual VVT-I, serta punya fitur keamanan lebih komplet. (ADV)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM