Advertorial

Penggerak Roda Belakang Avanza, Seusai Kondisi Jalan Indonesia

Kompas.com - 18/07/2017, 17:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Menjadi solusi baru untuk mobilitas masyarakat pasca reformasi, Toyota harus melalui proses panjang, sebelum akhirnya Avanza diperkenalkan ke publik. Survey langsung ke lapangan, ke pelosok-pelosok negei pun lantas dilakukan. 

Dari beberapa rumusan yang akhirnya dijewantahkan, salah satu spesifikasi yang diunggulkan dari model ini adalah penggerak roda belakang. Lagi-lagi, ini disebut mewakili medan jalan yang ada di seluruh Indonesia. 

Memang, dari ujung barat sampai timur, Indonesia terkenal punya kontur jalanan yang beragam. Mulai dari daerah pantai sampai alam pegunungan. Tentu saja, karena itu dibutuhkan kendaraan yang mampu menyesuaikan dengan kondisi tersebut. 

Sistem gerak roda belakang ini juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala roda berputar (slip), terutama ketika kendaraan melalui tanjakan, sementara kabin mobil sedang mengangkut banyak penumpang.  

Kelebihan lainnya dari sistem ini, yaitu menyoal daya tahan komponen kaki-kaki maupun suspensi. Ditunjang dengan sistem gerak roda belakang, kedua perangkat tersebut memiliki usia pakai yang lebih lama. 

Sistem penggerak roda belakang ini masih dipertahankan Toyota, hingga model terbaru Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Jadi, sudah hampir 14 tahun Avanza menggunakan sistem penggerak ini, dan sampai saat ini juga masyarakat masih mencintainya. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com