Advertorial

Ingin Lanjutkan Studi di Luar Negeri? Ini Beberapa Negara dengan Biaya Kuliah Terjangkau

Kompas.com - 18/07/2017, 19:00 WIB

Memiliki gelar pendidikan yang lebih tinggi memberi Anda nilai lebih dalam dunia karier. Oleh karena itu, saat sudah bekerja, punya penghasilan sendiri, banyak orang berusaha untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dari sekedar sarjana.

Namun, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tidak harus murni dari biaya pribadi. Anda bisa juga menempuh pendidikan dengan memanfaatkan banyak pilihan beasiswa yang tersedia saat ini. Cara ini patut dicoba, terutama bagi Anda yang punya impian sekolah di luar negeri.

Bagi Anda yang punya mimpi mendapat gelar S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama soal pemilihan negara tujuan. Nah, berikut beberapa pilihan negara yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Berlin, Jerman

Sejak dulu, Jerman memang menjadi tujuan kuliah populer. Berlin, ibukota Jerman, termasuk kota yang ramah pada pelajar pendatang. Banyak perguruan tinggi di Jerman punya reputasi sangat baik pada sikap toleran dan multikultural.

Universitas itu termasuk Universitas Humboldt dan Universitas Teknik Berlin. Berlin juga menawarkan kuliah gratis bagi seluruh mahasiswa lokal maupun pendatang. Ada pula universitas yang menerapkan biaya, namun sangat ringan. Rata-rata sekitar 50-200 Euro (sekitar Rp 2-4 juta).

Austria, Wina

Salah satu universitas terbaik di Austria adalah The Vienna University di Wina. Kampus ini berdiri pada 1815 sebagai Imperial Royal Polytechnic Institute. Kampus menawarkan fasilitas terbaik dengan delapan fakultas yang tersedia.

Fakultas tersebut antara lain Fakultas Perencanaan dan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Teknik Industri dan Mekanik, Fakultas Teknik Elektro dan Teknologi Indormasi, Fakultas Matematika dan Geoinformasi, Fakultas Fisika, Fakultas Teknik Kimia, dan Fakultas Sistem Informasi.

Serupa dengan Berlin, biaya kuliah di Wina gratis bagi semua mahasiswa asal Eropa. Untuk mahasiswa luar Eropa, dikenakan biaya kuliah terjangkau sebesar 500 dollar AS per tahun.

Spanyol

Biaya pendidikan di negara matador ini sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15 jutaan per tahunnya. Biaya hidup di Spanyol juga cukup bersahabat, sekitar Rp7 juta per bulan. Jika ditotal, biaya bulanannya tak lebih dari Rp84 juta per tahun.

Prancis

Prancis identik dengan biaya hidup mahal, namun faktanya berkata lain. Jika berniat melanjutkan kuliah di negeri ini, kamu butuh biaya hidup sekitar 300 sampai 500 Euro (Rp 5-8 jutaan) per bulan. Biaya kuliah pun sangat terjangkau, sekitar Rp 5 jutaan per tahun.

Taiwan

Untuk wilayah Asia, Taiwan menjadi kota paling tepat untuk melanjutkan kuliah. Di sini, kamu butuh 3.800 dollar AS (Rp 52 jutaan) untuk masuk ke salah satu universitas terbaik di sana.

Beberapa kampus terbaik di Taiwan adalah Chaoyang University of Technology, China Medical University, Chung Shan Medical University, National Changhua University of Education ataupun National Chin-Yi University of Technology.

Taiwan juga memberi kesempatan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Artinya, kamu bisa menempuh pendidikan di sana dengan sejumlah biaya yang jauh lebih rendah, atau bahkan gratis.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com