Advertorial

Cara Mudah untuk Irit Kuota Internet di “Smartphone” Android

Kompas.com - 20/07/2017, 10:57 WIB

Smartphone dengan koneksi internet yang kencang saat ini sudah menjadi kebutuhan utama. Coba saja bayangkan satu hari tanpa bisa berselancar di dunia maya, berkomunikasi dengan aplikasi pesan singkat, atau eksis di media sosial melalui smartphone. Rasanya benar-benar hampa.

Namun jika dipikir-pikir menggunakan browser, aplikasi-aplikasi pesan singkat, ataupun aplikasi media sosial setiap waktu ternyata lumayan menyedot kuota. Baru sebentar beli paket data dua minggu kemudian bisa jadi kuota sudah habis. Padahal harga paket data tidak murah.

Nah, jika Anda pengguna smartphone Android, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk lebih menghemat kuota internet. Cara-cara ini menarik untuk dicoba agar pengeluaran untuk paket data internet tidak membengkak.

1. Lebih banyak manfaatkan koneksi wi-fi

Jangan takut diejek sebagai Fakir Wi-fi. Jika ada koneksi wi-fi tersedia, baik di kantor, di rumah teman, atau di tempat hangout, manfaatkan sebaik-baiknya. Lumayan, Anda bisa sekalian memperbaharui beberapa aplikasi di smartphone, browsing, atau membuka aplikasi media sosial yang perlu banyak data supaya tetap update.

2. Aktifkan notifikasi penggunaan data

Masuk ke Settings, pilih Data Usage, kemudian Cellular Data, dan pilih Set Cellular Data Limit. Fitur ini bermanfaat untuk memberi peringatan jika Anda melampaui batas pemakaian data. Anda tidak akan kebablasan menggunakan kuota internet.

3. Pilih browser yang tepat

Browser default bawaan dari smartphone Anda biasanya lebih banyak menyedot kuota internet. Oleh karena itu lebih baik unduh browser-browser yang ramah kuota seperti Opera Mini atau Chrome. Ingat, tunggu Anda mendapat koneksi wi-fi terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

4. Gunakan aplikasi yang ramah kuota

Ingin tahu aplikasi-aplikasi apa saja yang banyak menyedot kuota? Pilih Settings, kemudian Data Usage. Anda akan melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang menyedot kuota. Cobalah minimalisasi penggunaannya, atau uninstall dan ganti dengan aplikasi serupa yang lebih irit kuota.

Coba saja cara-cara tersebut dan cek penggunaan kuota Anda setelahnya. Lebih irit atau tidak?

Namun yang namanya kuota internet memang pasti akan habis pada waktunya. Jika mendadak perlu memperbaharui paket data atau membeli pulsa Anda tidak perlu repot mencari ATM atau minimarket.

Lakukan pembelian paket data smartphone atau pulsa lewat Tokopedia. Situs jual beli online ini menyediakan fitur pembelian pulsa dan paket data dari berbagai provider telekomunikasi.

Caranya sangat sederhana. Masukkan saja nomor telepon dan nominal pulsa atau paket data yang diinginkan. Kemudian klik tombol Beli. Anda kembali dapat berselancar di dunia maya, update status, atau berkomunikasi lewat smartphone.

Lancar berkomunikasi dimulai dari Tokopedia

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com