Advertorial

Faktor yang Membuat Toyota Avanza Laris di Indonesia

Kompas.com - 20/07/2017, 17:55 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Avanza merupakan model paling laris di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di pasar otomotif nasional. Selama hampir 14 tahun memenami masyarakat Indonesia, total penjualannya sudah mencapai 1,6 juta unit.

Penjualan setiap tahunnya selalu menunjukan pertumbuhan yang baik, bahkan mampu menembus angka penjualan 1 juta unit tercepat sepanjang sejarah otomotif di Tanah Air. Sampai sekarang, tahta sebagai MPV terlaris masih dipegang Avanza.

Banyak faktor yang membuat Avanza mudah diterima oleh masyarakat. Toyota memiliki jumlah jaringan diler sebanyak 302 outlet dan tersebar dari Sabang sampai Merauke, belum lagi mengenai keunggulan produknya itu sendiri.

Masyarakat Indonesia ketika membeli mobil pasti memikirkan bagaimana nilai jual kembali (resale value)-nya. Avanza sudah jelas terbukti punya keunggulan itu, belum lagi jaminan mengenai standar kualitas produk, teknologi, suku cadang, hingga layanan purna jual yang maksimal.

Bicara mengenai teknis, keunggulan Avanza memiliki sasis semi-monokok yang digabung dengan sub-frame atau disebut dengan Unibody. Model sasis seperti ini sangat sesuai dengan sistem gerak roda belakang, dan paling penting adalah punya daya tahan yang lebih baik serta kemampuan menahan beban.

Oleh sebab itu, Avanza meskipun diisi penuh tujuh orang, seluruh penumpang tetap merasakan kenyamanan selama di perjalanan.

Faktor keamanan juga sangat penting, mengingat konsumen di Indonesia sekarang ini sudah mulai beralih memikirkan fitur safety.

Keunggulan Avanza dari sisi keamanan, semua varian sudah dilengkapi dengan 3-point seatbelt, warning seatbelt di jok penumpang, ABS, side impact beam untuk mengurangi intrusi saat tabrakan samping, hingga Isofix dan top tether anchor yang cocok dengan child seats.

Keunggulan di atas yang menjadikan Avanza tetap sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan multi guna bawah, dengan total penjualan mencapai 1,6 juta unit sejak pertama diperkenalkan akhir 2003 silam. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com