Advertorial

Ajari Anak untuk Kelola “Salam Tempel” dengan Bijak

Kompas.com - 20/07/2017, 19:00 WIB

Saat Lebaran, anak-anak menjadi “kaya raya” karena menerima banyak “salam tempel” dari sanak saudara atau tetangga. Pertanyaannya, sebaiknya uang salam tempel itu mereka pergunakan untuk apa?

Sebagai orangtua, Anda sebaiknya mengarahkan anak-anak agar uang itu tidak dihabiskan begitu saja. Dikutip dari Smart-money.co, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati mengatakan hal terpenting dalam mengajarkan pengelolaan keuangan pada anak adalah perencanaan.

Anda bisa bicara kepada mereka bahwa uang itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan di masa yang akan datang. Katakan kepada mereka untuk membagi penggunaan uang tersebut, setengah untuk kepentingan saat ini, sisanya untuk ditabung.

Selanjutnya, Anda perlu membuatkannya tabungan junior. Sejumlah bank sudah memiliki produk tabungan untuk anak-anak yang dilengkapi dengan kartu ATM menarik. Langkah setelah membuatkan tabungan, Anda bisa mengajarkan mereka untuk investasi, seperti reksa dana.

Selain menawarkan hasil tinggi dalam jangka lama, reksa dana juga dapat dimulai dari nominal kecil. Ketika dibutuhkan, misalnya saat anak akan masuk sekolah dasar atau sekolah menengah pertama, tabungannya bisa membantu keuangan keluarga.

Siap mengajari anak menabung dari “salam tempel”?

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com