Advertorial

Ini Pelajaran Penting dari Pendiri KFC

Kompas.com - 21/07/2017, 16:50 WIB

Kolonel Sanders adalah nama yang tak asing lagi. Betapa tidak, selain karena kesuksesan restoran ayam goreng KFC yang didirikannya, ia juga terkenal karena kesuksesan tersebut diraihnya ketika usianya tidak lagi muda. Yaitu ketika berusia 65 tahun.

Tidak hanya itu, kerja keras dan sikap pantang menyerahnya juga menjadi bumbu penyedap dalam kisah sukses Sanders. Jerih payahnya dalam mendirikan KFC sampai sekarang bukan tanpa hambatan.

Bahkan resep ayam goreng miliknya itu sudah ditolak di berbagai restoran sebelum akhirnya ia mendirikan jaringan restoran dengan konsep waralaba. Kini gerai waralaba ayam goreng tersebut sudah ada di lebih dari 80 negara di dunia.

Untuk meraih kesuksesannya, Sanders pun berbagi tip kepada Sahabat Prioritas.

Mencintai pekerjaan

Di usia 10 tahun, Sanders mendapat pekerjaan pertama di sebuah peternakan. Sayangnya, tak lama setelah itu ia pun dipecat. Kemudian, Sanders memutuskan untuk berusaha memuaskan atasannya dengan tinggal di kantor lebih lama dan melakukan banyak pekerjaan.

Lepas dari perusahaan itu, Sanders bekerja untuk seorang petani asal Jerman bernama Henry Monk. Sebagai upaya menebus kesalahannya, Sanders bekerja keras di peternakan Monk.

"Begitu terbiasa, kamu akan sangat senang bekerja keras," katanya.

Jangan takut mengubah karier

Sebelum mendalami bisnis ayam goreng, Sanders punya banyak pekerjaan berbeda, mulai dari menjadi petugas pemadam kebakaran lokomotif, pekerja kereta api, tenaga penjual asuransi, hingga menjadi pengusaha kapal feri.

"Jangan berhenti di usia 65, mungkin perahumu belum masuk. Teruslah mencari pekerjaanmu sampai menemukan sesuatu yang kamu cintai".

Memiliki nilai tambah

Salah satu kunci sukses Sanders adalah memberikan nilai tambah pada produknya. Contohnya, ketika Sanders mengambil alih stasiun layanan bahan bakar (Standard Oil). Sayangnya, penduduk di kota setempat menolak membeli bahan bakar dari orang yang baru datang ke kota itu. Meski begitu, Sanders tak berputus asa. Ia terus mencari cara agar membuat penduduk setempat membelinya.

"Saya berkeliling. Di satu tempat pengisian bahan bakar saya melihat ada yang memberi jenis layanan tambahan yang tak diberikan di tempat lain. Mereka membersihkan kaca depan mobil pelanggan. Sesederhana itu," kata Sanders.

Terus Berinovasi

Kesuksesan Sanders dalam berbisnis KFC tak membuatnya luput dalam berinovasi. Pada 1940, Sanders pun terus menyempurnakan resep rahasianya, yang terdiri dari 11 ramuan tumbuhan dan rempah-rempah.

Tak hanya itu, Sanders juga sanggup memasak ayam goreng segar dalam waktu kurang dari delapan menit.

Sumber: Website BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com