Advertorial

Ini Para Pemuda RI Ini Sukses Rintis Bisnis Sebelum Masuk Usia 30

Kompas.com - 21/07/2017, 19:00 WIB

Tiap tahun, majalah Forbes merilis daftar orang sukses di usia muda, yakni '30 under 30'. Dalam daftar tersebut, majalah tersebut membaginya dalam 10 kategori seperti teknologi informasi, hiburan dan olahraga, seni, keuangan dan perusahaan ventura, industri, manufaktur dan energi, kesehatan dan pengetahuan, wiraswasta sosial, media, pemasaran dan periklanan serta ritel dan e-dagang.

Di dalam daftar ini, ada beberapa pengusaha muda dari Indonesia. Siapa saja mereka?

Tyovan Ari Widagdo

CEO dan founder platform pembelajaran bahasa asing Bahaso ini adalah lulusan Computer Science Binus University 2016. Ia sudah memulai usahanya sejak usia 17 tahun. Pria ini yang kini berusia 27 tahun itu juga pernah masuk lima besar kompetisi inovasi di Stanford University AS pada 2013 lalu dan magang di Google.

Salah satu platform pengembangan Reporting and Coordination System buatannya juga digunakan Presiden.

Try Wibowo

Try punya bisnis di bidang Kesehatan. Ia adalah pendiri PT Insan Medika Persada. Platform itu ia buat karena terinspirasi dari ibunya yang kesulitan memperoleh pelayanan kesehatan. Lewat aplikasi ini, perawat di lokasi terdekat bisa memberi bantuan.

Aplikasi ini sudah bekerjasama lebih dari 100 sekolah kesehatan dan memiliki lebih dari 1.200 perawat. Tahun lalu, ia mendapat penghargaan The Most Outstanding Home Health Service in the World in 2016 di ajang Global Over 50s Housing & Healthcare Awards di Inggris.

Chritsina Suriadjaja

Christina yang berusia 26 tahun ini adalah pengusaha di bidang ritel dan e-dagang. Co-founder Travello ini dulu berprofesi sebagai atlet. Aplikasi serupa Airbnb itu kini sudah bekerja sama lebih dari 2.000 rental di 25 kota.

Gibran Huzaifah Amsi El Farizy

Founder eFishery ini berusia 27 tahun dan masuk kategori industri manufaktur dan energi. eFishery merupakan aplikasi yang menggunakan cloud untuk memberi makan ikan dan udang.

Campuran pakan ikan yang baik ternyata bisa menghemat sampai 21 persen biaya. Perusahaan rintisan ini tak hanya berfungsi memberi makan, tetapi juga mengontrol produksi, kualitas air dan mengawasi perilaku ikan.

Teguh Ariwibowo

Co-founder Pinjam Indonesia ini menyediakan pinjaman bagi nasabahnya. Sebelum mendirikan Pinjam, Teguh adalah direktur di firma Volla.

Willian Utomo dan Winston Utomo

Pendiri IDN Times itu kini sudah memiliki lebih dari 13 juta pengunjung per bulan. IDN Times mengaku sudah menjalankan 70 persen operasional perusahaan dari iklan termasuk Samsung dan Unilever.

Joshua Kevin

Pendiri Talenta ini masih berumur 25 tahun. Aplikasinya membantu pemilik usaha melakukan banyak hal, termasuk menyusun database gaji (payroll) karyawan. Aplikasi ini berbasis claud sehingga tak perlu diinstal.

Adamas Belva Syah Denara dan Iman Usman

Mereka adalah co-founder Ruanguru. Ruanguru adalah aplikasi yang mempertemukan guru dan murid. Aplikasi yang dibuat sejak 2014 itu juga sempat mendapat pendanaan seri A dari beberapa venture capital.

Ruanguru kini sudah memiliki lebih dari 1,6 juta pengguna.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com