kabar ketenagakerjaan

Banyak Lulusan SD-SMP, Menaker Harap BLK Bisa Maksimalkan Kompetensi

Kompas.com - 24/07/2017, 14:16 WIB

Mencari pekerjaan yang sesuai dengan harapan sekarang ini memang tidak mudah. Selain memiliki latar belakang ilmu yang tepat, para penyerap kerja juga membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kehalian serta kompetensi.

Di Indonesia sendiri, rata-rata para pencari kerja adalah mereka lulusan SD dan SMP. Oleh sebab itu, Balai Latihan Kerja (BLK) akan sangat membantu mereka untuk mengembangkan untuk mencari kerja.

“Untuk itu, BLK sebagai sarana untuk mengembangkan kompetensi harus dimaksimalkan,” ujar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri saat mengunjungi BLK dan Disnakertrans Indramayu, Jumat (21/07/2017).

Dalam kunjungannya tersebut, Menaker yang didampingi oleh Kepala BLK indramayu Achmad Fauzie Romdon, meninjau langsung proses pelatihan menjahit dan multimedia. Ia pun berharap agar tenaga kerja Indonesia memiliki daya saing tinggi sehingga mudah memasuki pasar kerja.

"Terus belajar ya, tingkatkan kompetensi diri agar memiliki daya saing sehingga mudah memasuki pasar kerja" katanya.

Sebelumnya, Hanif juga mengunjungi desa migran produktif (desmigratif) yang berada di dalam kantor Balai Desa Kenanga, KecamatanSindang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Ia juga sempat melakukan dialog dengan siswa calon pemagangan ke Jepang.

Dalam dialognya tersebut, Hanid berpesan kepada para calon siswa yang mendaftar program magang agar bisa lolos persyaratan yang ketat dan menjaga kebugaran fisiknya. “Jaga fisik ya, karena cuaca di Jepang sangat dingin sekali dibandingkan dengan iklim tropis di Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Hanif melakukan peninjauan ke rumah belajar desmigratif yang merupakan sarana belajar edukasi serta mengunjungi kantor sekretariat keluarga imigran Indonesia (KAMI). 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com