Advertorial

Mulai Bekerja di Kantor Baru? Jangan Pernah Ucapkan Kalimat Ini!

Kompas.com - 25/07/2017, 19:00 WIB

Hari pertama bekerja di tempat baru hati Anda pasti dipenuhi dengan semangat yang juga baru. Pindah ke perusahaan lain yang lebih besar dan memiliki reputasi lebih baik tentunya sangat menyenangkan. Anda mendapat kesempatan untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi kerja yang lebih baik lagi.

Namun, pindah kerja ke tempat baru juga memberi tantangan. Salah satunya soal budaya kerja. Anda juga akan bertemu dengan rekan-rekan kerja baru yang punya sifat berlainan. Kemampuan adaptasi menjadi sangat penting.

Selain itu Anda juga akan dinilai dan ditantang untuk menunjukkan kemampuan sesuai dengan resume yang Anda banggakan saat wawancara kerja. Nah, agar tidak menimbulkan kesan buruk, padahal Anda adalah karyawan yang berpotensi, ada beberapa kalimat yang tidak boleh Anda ucapkan.

Pertama adalah kalimat “saya kira...” karena menunjukkan bahwa Anda selama ini bekerja hanya berdasarkan asumsi. Lebih baik bertanya jika Anda tidak memahami suatu hal dan jangan mengutarakan pendapat sampai Anda memahami segala sesuatu tentang proyek yang tengah Anda kerjakan di kantor.

Kedua, kalimat “bukankah itu pekerjaan orang lain?”. Jangan pernah katakan kalimat ini karena Anda akan dianggap sebagai karyawan yang kurang kooperatif. Rekan kerja akan punya kesan buruk terhadap Anda.

Ketiga adalah kalimat “tapi saya sudah mencoba yang terbaik”. Perkataan tersebut memberi kesan Anda tidak mau berusaha lebih. Jika Anda merasa kesulitan menangani sebuah pekerjaan, coba bertanya pada karyawan yang lebih senior dan jangan sungkan meminta bantuan rekan kerja satu tim.

Keempat, kalimat “Di pekerjaan sebelumnya, saya biasa melakukan hal ini”. Tiap tempat kerja punya tradisi dan budaya kerja masing-masing. Sebagai karyawan baru, lebih baik Anda tak mengatakan hal itu. Mengungkit cara kerja di perusahaan sebelumnya hanya akan membuat Anda tampak tidak kompeten.

Kalimat, “seharusnya saya meminta gaji lebih tinggi”. Meski kecewa pada hasil negosiasi gaji, sangatlah tidak sopan mengungkit hal itu saat sedang bekerja. Anda bisa meminta kenaikan gaji bila penilaian pekerjaan tiba.

Terakhir, kalimat "karena saya punya kewenangan di sini”. Kalimat ini membuat Anda terkesan tidak menghargai rekan kerja di kantor, senang mengandalkan jabatan untuk memuluskan segala urusan, dan bertindak semau hati.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com