Advertorial

BCA Serahkan 2.200 Buku ke 11 SD di Makassar

Kompas.com - 27/07/2017, 14:30 WIB

Penyaluran buku dari aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia terus dilanjutkan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Kali ini giliran 11 sekolah dasar di Makasar, Sulawesi selatan yang disambangi oleh tim BCA, Minggu (23/7/2017).

Sebanyak 11 sekolah tersebut adalah SDN Balang Baru, SDN KIP Bara-baraya II, SDN Inpres Borong, SD Negeri No 11 Bontojai, SDN Inpres Barombong 03, SD Inpres/Negeri BTN Pemda, SD Labuang Baji II, SDN Mamajang I, SD Inpres Gontang, SD Inpres Lanraki 2 dan SDN 178 Inpres Lamangkia. Setiap sekolah mendapatkan 200 buku, dari total keseluruhan 2.200 buku.

Seremoni penyerahan buku dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo  Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma, Kepala BCA KCU Makassar Widy Tarmizi, dan Kepala BCA KCU Panakukkang Anggraeni Tedjokusumo.

Dalam kata sambutannya, Kepala Kantor Wilayah IV BCA Frengky Chandra Kusuma mengatakan dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen untuk menjadi lebih baik melalui tiga pilarnya 'Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik.' Menurutnya,  gerakan #BukuUntukIndonesia merupakan perwujudan komitmen BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat.

"Dengan harapan BCA dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia," kata Frengky.

Sebelumnya, BCA telah menggelar Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung pada 21 Juli. Kemudian, pada 25 Juli, Aksi Berbagi juga akan serempak diadakan di tiga kota dalam rangka memeringati Hari Anak Nasional.

Ketiga kota tersebut adalah Garut mewakili Jawa, Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur. Penyerahan juga akan dilakukan di Aceh mewakili Sumatera, dan Singkawang mewakili Kalimantan.

"Selanjutnya buku-buku akan didistribusikan ke sekolah-sekolah lain di berbagai daerah di Indonesia,” ungkap Frengky.

Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia mendulang respons positif dan tingkat partisipasi tinggi dari masyarakat. Periode I penggalangan donasi yang berlangsung pada 15 Maret hingga 14 Juni 2017, berhasil mengumpulkan lebih dari Rp1 miliar. BCA mengonversi dana tersebut menjadi buku bacaan yang akan dibagikan ke 104 sekolah di 60 titik di Indonesia.

- -

"Semoga Aksi Berbagi ini dapat berkontribusi positif dan menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita. Menjawab animo masyarakat yang tinggi, periode II gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga akhir 2017. Kunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com atau www.blibli.com untuk berpartisipasi dalam gerakan ini,” kata Frengky.

Sementara itu, Kepala Sekolah FD Inpres 03 Barombong, Abdul salam, mengaku sangat senang dengan bantuan yang diberikan BCA dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Menurutnya, gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia sangat membantu sekolah-sekolah, terutama yang memiliki keterbatasan akses.

"Dengan adanya donasi ini cukup terbantu, terutama untuk anak-anak supaya minat baca tumbuh lebih baik lagi," kata Abdul.

- -

Pada acara tersebut, BCA juga mengedukasi masyarakat dengan menyelenggarakan talkshow yang diisi oleh Duta Baca sekaligus Presenter 'Kick Andy' Andy F Noya, Kepala Kantor Wilayah BCA Frengky Chandra Kusuma dan Vice President Kerjasama Transaksi Perbankan BCA Liza L Widyasari sebagai narasumber. Acara diakhiri lantunan lagu 'Arti Sahabat' yang menjadi official theme song dari Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia.

Selain simbolis penyerahan buku, berbagai aktivitas seru dilakukan untuk memeriahkan Aksi Berbagi dan Talkshow #BukuUntukIndonesia, di antaranya jalan sehat, live music, interactive games, undian berhadiah bagi peserta Fun Walk BCA, dan sosialisasi program 'Buka Rekening Bertaburan Hadiah' yang berlangsung pada Mei hingga September 2017.

Masyarakat yang membuka rekening tabungan di BCA (Tahapan, Tahapan Gold, Tapres) pada periode tersebut berkesempatan untuk membawa pulang hadiah berupa 1 mobil Toyota Sienta atau 30 TV LED Samsung.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com