Advertorial

Peringati Hari Anak Nasional, BCA Berbagi Buku untuk Anak-anak Indonesia

Kompas.com - 28/07/2017, 09:48 WIB

Setelah melakukan gerakan #BukuUntukIndonesia di Lampung dan Makassar pada 21 dan 23 Juli 2017 silam, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali melanjutkan aksinya berbagi buku untuk anak-anak Indonesia di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (25/7/2017).

Gerakan ini adalah bentuk komitmen BCA untuk menumbuhkan kembali minat membaca anak-anak di berbagai pelosok Indonesia. Gerakan itu diinisiasi oleh BCA sebagai salah satu rangkaian peringatan HUT BCA ke 60 yang dimulai pada Maret lalu.

BCA mengundang masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam paket donasi yang dikonversikan menjadi buku bacaan baru sebagai penunjang belajar. Buku-buku dari hasil donasi tersebut kemudian disalurkan kepada anak-anak yang membutuhkan di 60 titik di Indonesia.

Kepala Kantor Cabang Utama BCA Manado, Felicia Lily menyatakan bahwa gerakan ini menjadi perwujudan tiga pilar BCA yaitu “Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik”.

Felicia menjelaskan donasi buku dari gerakan #BukuUntukIndonesia di Manado diberikan kepada dua sekolahyaitu SD Negeri 47 dan SD Negeri 48. Donasi diterima oleh John Locke Manginsoa dan Yuke Y Alangkas selaku kepala sekolah dari masing-masing sekolah penerima donasi.

"Gerakan ini menjadi harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia,” ujar Felicia dalam sambutannya di Bank KCU Manado.

- -

Felicia juga menuturkan, selain Manado, gerakan ini juga dilakukan secara serentak di Garut, Jawa Barat serta Kupang, Nusa Tenggara Timur. Gerakan ini sekaligus untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada Minggu (23/7/2017) silam. BCA nantinya juga akan memperluas gerakan ini ke wilayah Banda Aceh dan Singkawang, Kalimantan Barat.

"Semoga menjadi pengingat kita semua akan pentingnya akses buku yang luas bagi tunas-tunas bangsa sebagai aset berharga dalam menggapai harapan dan cita-cita,” tambah Felicia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SDN 47 Manado, John Locke Manginsoa juga mengucapkan rasa syukur atas bantuan buku dari BCA. Menurutnya donasi buku dari BCA menjawab salah satu persoalan yang dialami oleh sekolahnya, yakni kurangnya buku-buku bacaan yang layak bagi para siswa.

"Program ini menjadi bukti masih banyak masyarakat yang peduli dengan pendidikan. Saya harap BCA tetap berpartisipasi dalam pendidikan, sebab betapa pentingnya pendidikan suatu bangsa itu," ungkapnya.

- -

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 48 Manado Yuke Y Alangkas tidak menyangka jika pihaknya menerima bantuan buku-buku bacaan dari BCA. Yuke menganggap program ini semakin memperkuat usaha sekolah dalam menanamkan cinta buku bagi para siswa.

"Ini kado terindah untuk SDN 48, saya sampaikan ke rekan-rekan guru di sini, ini menjadi bagian penting bersejarah bagi sekolah kita. Terus terang saya heran dan kaget BCA ada program berbagi buku ternyata. Kalau bisa BCA ke depannya bisa memperbanyak bantuan bukunya," ujar Yuke.

Menutup kekurangan buku bacaan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Deysie Lumowa menuturkan, kondisi distribusi buku bacaan untuk anak-anak di Kota Manado terbilang minim dibandingkan buku pelajaran.

"Kalau untuk buku-buku bacaan seperti buku cerita masih kurang, pemerintah selama ini  lebih banyak memberikan buku pelajaran agar para siswa tidak perlu repot-repot beli buku paket untuk sekolah," ungkapnya.

- -

Deysie menganggap langkah BCA merupakan jawaban yang tepat dalam mengisi celah akses buku bacaan yang masih minim. Ia juga meminta agar pihak sekolah bisa memanfaatkan buku-buku tersebut untuk mencerdaskan para murid.

Menjawab animo masyarakat yang tinggi, gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga akhir tahun 2017.

Jika Anda ingin turut berpartisipasi dalam gerakan ini, caranya mudah. Kunjungi www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi." Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman Blibli.com untuk memilih paket donasi yang diinginkan. Dengan berbagi minimal Rp100 ribu Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com