Advertorial

Berniat “Upgrade” ke Motor Sport? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

Kompas.com - 28/07/2017, 14:47 WIB

Anda yang memiliki sepeda motor dan sehari-hari menggunakannya untuk bermobilitas pasti pernah mengalami hal ini. Sedih dan terbawa perasaan ketika sepeda motor kesayangan Anda harus diganti dengan yang baru karena umurnya yang sudah uzur.

Sepeda motor kesayangan memang layaknya sahabat. Selalu ada di saat Anda memerlukannya dan setia menemani di berbagai kondisi jalan dan cuaca selama bertahun-tahun.

Namun, yang namanya sepeda motor, apalagi jika sudah digunakan dalam jangka waktu lama, performanya pasti akan menurun. Perbaikan dibutuhkan di beberapa bagian sehingga biaya perawatan lebih tinggi. Tampilannya pun bisa jadi sudah tidak sekeren dulu lagi saat Anda baru membelinya.

Kalau kondisinya seperti itu, mungkin memang sudah saatnya Anda mengganti sepeda motor yang baru, atau naik kelas dengan membeli sepeda motor yang spesifikasinya lebih tinggi. Jika sebelumnya Anda menggunakan motor bebek, coba ganti dengan motor sport.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus melirik motor sport sebagai kendaraan harian yang baru. Pertama, sudah jelas spesifikasi dan kapasitas mesinnya lebih tinggi. Fitur-fiturnya pun berbeda dengan motor bebek. Terakhir yang tak kalah penting, tampilannya lebih keren.

Anda bisa melaju dengan bangga di jalan raya. Hitung-hitung sebagai penyemangat di perjalanan sehari-hari di tengah kondisi lalu lintas yang mulai normal kembali padatnya setelah liburan Idul Fitri yang cukup panjang beberapa waktu lalu.

Agar tidak salah pilih motor sport untuk kendaraan harian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Apa saja?

Kenyamanan

Motor sport yang Anda pilih akan menjadi teman sehari-hari Anda jadi pilihlah yang nyaman. Jika motor sport yang Anda punya nyaman digunakan kondisi jalan macet, berlubang, atau sulit dilalui tidak akan jadi masalah besar.

Untuk mengetahui nyaman atau tidaknya motor sport yang Anda incar, sebaiknya lakukan test ride terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli. Rasakan enak atau tidaknya posisi riding, hingga mudah atau tidak motor dikendalikan ketika bermanuver sulit.

Spesifikasi mesin dan fitur-fitur

Perhatikan spesifikasi motor sport yang diincar. Jangan terburu-buru, coba cek teknologi apa yang digunakan pada mesin, kapasitasnya, dan tentunya fitur-fitur apa yang bisa memastikan performanya.

Konsumsi bahan bakar

Hal yang satu ini sangat penting. Anda pastinya tidak mau jadi pengendara motor sport yang keren tetapi dompetnya menipis karena konsumsi bahan bakar motor terlalu boros. Memilih motor sport dengan performa mumpuni sah saja, asalkan motor sport tersebut memiliki teknologi yang dapat membuatnya tetap irit bahan bakar.

Jika Anda bingung memilih motor sport mana yang tepat untuk berkendara sehari-hari, coba lirik Yamaha R15. Motor sport dengan desain body gagah namun aerodinamis ini asyik sebagai kendaraan sehari-hari. Tampilannya pun keren dengan paduan warna yang sangat maskulin.

Deltabox frame yang kokoh, ban yang lebar, dan  disc brake depan dengan cakram 282 milimeter yang menjamin pengereman optimal membuat motor ini stabil dikendarai. Meski ringan Yamaha R15 berdurabilitas tinggi. Cocok sebagai sahabat Anda sehari-hari di perjalanan.

Tidak perlu khawatir soal urusan performa serta fitur-fitur pendukungnya. All New Yamaha R15 menggendong mesin berkapasitas 155 cc Single Overhead Cam Shaft (SOHC) dengan 6 percepatan yang mampu menciptakan performa lebih. Jenis mesin tersebut juga belum pernah ditemukan sebelumnya pada motor sport lain di kelasnya.

Selain itu dilengkapi teknologi VVA (Variable Valves Actuation) semakin membuat motor ini cocok untuk dikendarai sehari-hari. Teknologi VVA akan membuat motor tetap irit bahan bakar.

Teknologi ini memastikan tenaga dan torsi terjaga stabil di setiap putaran mesin selain itu menjaga konsumsi bahan bakar. Klep mesin (valve) dapat menyesuaikan asupan bahan bakar dengan kebutuhan tenaga. Selain itu perpindahan kopling pun lebih halus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Yamaha R15 klik di sini

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com