Advertorial

Ketangguhan Mesin Toyota Avanza

Kompas.com - 29/07/2017, 20:30 WIB


Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.3-liter dan 1.5-liter. Masing-masing sudah dibekali teknologi mesin Dual VVT-I, DOHC, 4 silinder dengan 16 katup.

Mesin 1.3 liter mampu menghasilkan tenaga 96,5 ps/6.000 rpm, serta torsi 12,3 kgm/4.200 rpm, sementara varian mesin 1.5-liter 104 ps/6.000 rpm, dan torsi 13,9 kgm/4.200 rpm. Hasil tersebut, diakui para pemilik low multi purpose vehicle (LMPV) jagoan Toyota itu sudah cukup tangguh.

Salah satu konsumen setia, yang sudah merasakan ketangguhan mesin Avanza, yaitu Didi Soenaryadi, Ketua Umum Veloz Community (Velozity). Didi menjelaskan, sudah lama menggunakan Avanza, dan dibawa berjalan ke luar kota dengan medan jalan yang begitu menantang.

“Kalau urusan mesin, sudah jangan ditanya lagi, tangguh dan memang sudah terkenal sejak dulu ketangguhan mesin Toyota, khususnya Avanza ini,” kata Didi di acara Avanzanation 2017 di kawasan  Jakarta Selatan .

Ketangguhan mesin, berpadu padan dengan penggunaan sistem penggerak roda belakang, sehingga di jalan menanjak, tetap bisa dilalui dengan lancar, tanpa ada gejala slip ban. Membawa penumpang tujuh orang sekalipun, tetap tidak mengalami masalah.

“Setiap tahun saya sering melakukan touring keberbagai kota di Indonesia bersama teman-teman lain pengguna Avanza atau Veloz. Semuanya tidak pernah mengalami kendala, apalagi masalah mesin, awet dan sangat bertenaga sekali,” ujar Didi.

Faktor pendukung lain, Avanza juga memiliki dimensi panjang yang ideal, yaitu 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm. Jarak sumbu roda juga cukup penting, Avanza ini punya 2.655 mm, dan ground clearance 200 mm.

Semua keunggulannya itu sudah disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran sejak pertama diperkenalkan akhir 2003 silam sampai sekarang Avanza masih menjadi mobil terlaris di Indonesia, dengan total penjualan selama hampir 14 tahun mencapai 1,6 juta unit. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com