Advertorial

Kenapa Emblem Varian Avanza Berlatar Warna Biru?

Kompas.com - 30/07/2017, 20:44 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -  Salah satu bagian kendaraan yang mendapatkan penilaian pertama adalah mesin. Dari mesin, konsumen dapat memilih spesifikasi yang cocok untuk berkendara harian di sekitar wilayahnya.

Termasuk Toyota Avanza. Kendaraan multi guna ini hadir dengan dua pilihan mesin yakni 1.3 L dan 1.5 L. Tidak hanya itu mesin ini juga didukung teknologi baru Dual Variable Valve Timing-intelligent atau yang  disingkat Dual VVT-i

Sebelumnya mesin Toyota Avanza mengenakan teknologi VVT-I pada 2005-2015 yang membuatnya bertenaga dan irit bahan bakar.  Menggunakan kode mesin K3-VE untuk kapasitas 1.300 cc dan 3SZ-VE untuk kapasitas 1.500 cc memungkinkan Avanza mendapatkan tenaga yang tersalur dengan lebih besar dibadingkan mesin terdahulu.

Lalu pada 2015 pada perkenalan Grand New vanza dan Toyota Veloz, teknologi Dual VVT-i dikenalkan. Menggunakan mesin 1NR-VE untuk kapasitas 1.300 cc dan 2NR-VE pada kapasitas 1.500 cc, memungkinkan tenaga tersalurkan lebih besar dan irit bahan bakar.

- -

Kedua teknologi mesin ini sebenarnya bermuara pada satu tujuan yakni mengoptimalkan tenaga mesin pada setiap kondisi kecepatan mobil serta mesin yang mengkonsumsi bahan bakar lebih efisien serta menurunkan tingkat emisi lebih rendah.

Mesin dengan Dual VVT-i akan mengatur bukaan klep secara penuh dan bekerja maksimal dengan menyesuaikan temperatur mesin. Ketika mesin sudah mencapai suhu optimal, bukaan klep exhaust dapat disesuaikan dengan bukaan mesin.

Pengaturan ini dibantu oleh otak komputer atau ECU (electric control unit) yang menyesuaikan kecepatan mesin saat bekerja, volume udara masuk, posisi ekselerator dan temperature air. Berbagai sensor akan memberikan informasi agar valve timing bekerja optimal.

Nah, bagi pengguna dan masyarakat, cukup mudah untuk melihat tanda Toyota Avanza yang menggunakan teknologi ramah lingkungan ini. Pada emblem varian Avanza yang biasa diwakili huruf, biasanya menggunakan latar belakang biru. Ini sesuai dengan tujuan penggunaan Dual VVT- i yakni mengoptimalkan tenaga, efisiensi bahan bakar dan tidak lupa emisi gas buang yang ditekan. (ADV)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com