Advertorial

Kisah Sukses Pria Asal India yang Sukses di Indonesia (bagian 2)

Kompas.com - 31/07/2017, 19:00 WIB

Kisah mengenai tangan dingin Sri Prakash Lohia yang mengubah sebuah perusahaan sekarat menjadi sehat dan besar pernah ditulis oleh Forbes. Ia membeli Old World Industries di Nigeria, Afrika dari pelelangan seharga 225 juta dollar AS pada Mei 2006 dari pemerintah Nigeria.

Saat itu, kapasitas produksi pabrik tersebut sangat kecil jika dibandingkan kapasitas sesungguhnya. Prakash pun mulai melakukan banyak perbaikan, pemeriksaan, dan pemeliharaan sehingga pabrik tersebut beroperasi kembali pada September 2006.

Saat ini, perusahaan tersebut menjadi produsen polyolefin terbesar kedua di Afrika, di bawah South Afrika Sasol. Eleme, nama perusahaan tersebut, sudah memproduksi setidaknya 350 ton polyolefin dalam setahun.

Hasil produksi pabrik tersebut banyak digunakan di Nigeria, selebihnya untuk kepentingan ekspor. Hingga saat ini, bisnis polyolefin Prakash menjadi salah satu sumber pendapatan terbesarnya.

Meski hanya mengawasi semua bisnisnya di 19 negara dari Singapura, Prakash rutin mengunjungi Nigeria tiap tiga bulan sekali hingga saat ini. (Adv)

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com