Advertorial

Ini Solusi untuk Dapat Kenaikan Gaji Maksimal

Kompas.com - 01/08/2017, 15:00 WIB

Semua setuju bahwa kenaikan gaji adalah hal yang menyenangkan. Namun, tak sedikit kasus orang merasa kenaikan yang ia terima belum maksimal mengingat kerja keras yang ia lakukan. Sebagian orang mungkin akan melakukan negosiasi ulang dengan atasan.

Akan tetapi menurut sebuah hasil survei, pindah kerja ke perusahaan lain adalah cara terbaik mendapat kenaikan gaji yang optimal. Hasil penelitian situs karier workforce.com mengungkap, orang yang bekerja di sebuah perusahaan lebih dari dua tahun cenderung mengumpulkan uang lebih sedikit dibanding mereka yang pindah kerja.

Hasil penelitian itu menyebutkan, mereka yang pindah kerja bisa mendapat peningkatan pendapatan 10-20 persen. Beberapa di antaranya bahkan bisa mendapat kenaikan gaji hingga 50 persen. Padahal, pegawai yang memutuskan menetap di sebuah perusahaan hanya bisa mendapat kenaikan pendapatan maksimal 4,5 persen per tahun.

Manajer rekrutmen di Sillicon Valley Bethany Devine menyebutkan hal tersebut terjadi karena tiap perusahaan ingin merekrut kandidat terbaik. Karena itu, mereka rela membayar lebih besar untuk mendapat kandidat terbaik.

"Bila kamu loyal di sebuah perusahaan, persentase kenaikan gajimu didapatkan dari gaji awal. Namun, jika pindah kerja, kamu bisa mulai dengan hal baru dan meminta jumlah gaji lebih besar. Pada akhirnya, perusahaan akan bersaing mendapat kandidat terbaik," ungkap Devine seperti yang dilansir dari Forbes.

Troy Jackson yang juga telah bekerja di perusahaan Fortune 500 dan Harvard Business School menuturkan hal sama. Dia mengatakan banyak hal bisa didapat dengan mencoba peruntungan di tempat baru.

"Menjalani posisi baru dan berkiprah di sebuah perusahaan selama satu atau dua tahun amat seru. Namun tetap akan ada hal-hal yang tak lagi terasa menantang. Pindah posisi atau mencari lingkungan kerja baru bisa menjaga gairah produktif seseorang dan membuatnya terus belajar," ungkapnya.

Psikolog Harvard Daniel Gilbert menambahkan, sebagian besar orang merasa tak bisa menemukan hal terbaik bagi dirinya sendiri hingga ia mau mencobanya. Pindah kerja adalah cara terbaik menemukan apa yang pantas untuk seseorang di masa datang.

"Setiap orang harus bisa menemukan minat terbesarnya. Karenanya, banyak orang lebih memilih mencoba mencari pekerjaan di tempat baru hingga menemukan pekerjaan apa yang paling cocok," pungkasnya.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com