Advertorial

Festival Wonderful Indonesia di Hermitage Garden Moskow, Rusia

Kompas.com - 03/08/2017, 09:32 WIB

Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow akan menyelenggarakan kegiatan Festival Indonesia 2017 pada tanggal 4–6 Agustus 2017 di Hermitage Garden, Moskow, Rusia.  Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan langkah yang tepat dan strategis untuk meningkatkan brand awareness terhadap Wonderful Indonesia di Rusia.

Rusia merupakan salah satu pasar utama pariwisata Indonesia dengan kontribusi wisatawan mancanegara (wisman) yang mengalami peningkatan signifikan, dengan target tahun ini sebesar 108.000 orang.  Pada periode Januari sampai Mei 2017 tercatat sebesar 52.189 kunjungan wisman asal Rusia, naik 62,14 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016, yaitu sebesar 32.187 wisman. Berdasarkan perkembangan peningkatan jumlah wisatawan asal Rusia, maka upaya promosi pariwisata perlu dilakukan secara terus-menerus.

Targetnya, Festival Indonesia tahun ini akan dihadiri oleh 80.000 pengunjung. Target ini meningkat dari kesuksesan penyelenggaraan Festival Indonesia pada tahun 2016 yang mampu menarik 68.297 pengunjung. Pada saat itu, 86 persen pengunjung berasal dari kota Moskow dan 14 persen dari luar kota Moskow.

Semaraknya Festival Indonesia tahun 2016 terlihat dari jumlah stan. Setidaknya ada 40 UKM dan restoran serta waralaba ternama Indonesia yang ikut memamerkan produk–produknya. Branding Wonderful Indonesia meningkat dengan terpasangnya banner di area sekitar Hermitage Garden dan antusias pengunjung yang memenuhi Paviliun Indonesia.

Dengan tema “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Its Diversity”, penyelenggaran Festival Indonesia tahun ini diprediksi akan lebih semarak. Tema ini lebih menekankan pada potensi daerah–daerah di Indonesia di bidang pariwisata, investasi, dan perdagangan.

Kementerian Pariwisata sendiri akan memperkenalkan destinasi–destinasi wisata prioritas Indonesia kepada pengunjung melalui aktivitas yang akan dilakukan di Paviliun Indonesia. Aktivitas itu di antaranya pemutaran TVC Wonderful Indonesia, pelayanan informasi pariwisata, kuis dan games untuk mendapatkan souvenir, serta kesempatan mendapatkan kopi Indonesia dengan mengunggah foto di media sosial.

Selain itu, Paviliun Indonesia juga akan menampilkan karnaval serta pertunjukan seni dari Malang Flower Carnival. Pilihan tema, atraksi dan pertunjukan yang ditampilkan pada Festival Indonesia kali ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pariwisata meningkatkan minat wisatawan Rusia untuk berkunjung dan mengenal Indonesia.

Seperti yang diketahui, Indonesia yang memiliki 17.505 pulau dengan 223 juta penduduk dari 491 etnis dan suku berbeda serta memiliki 726 bahasa yang berbeda pula. Identitas Indonesia adalah keberagaman destinasi mulai dari alam yang indah, pantai yang asri, keramahan penduduknya dan keunikan kebudayaan yang beragam menjadi suatu keharmonisan yang disajikan dalam atmosfer kenyamanan untuk wisatawan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com