Advertorial

Pastikan Selalu Sedia Batik untuk Berbagai Acara

Kompas.com - 03/08/2017, 16:28 WIB

Batik memang identik sebagai warisan budaya sekaligus identitas nasional bangsa. Namun secara fesyen, batik adalah jenis pakaian yang biasa dipakai untuk berbagai acara mulai dari yang formal sampai juga yang casual.

Untuk acara formal bahkan batik biasanya dijadikan alternatif pilihan dari jas. Sedangkan untuk acara casual, ragam batik masa kini memiliki berbagai mode yang tidak terlalu kaku. Seperti kemeja batik lengan pendek untuk pria dan blus batik untuk wanita.

Nah seperti halnya alasan kenapa harus sedia baju dengan nuansa formal, batik juga menjadi pakaian yang harus kamu sediakan, karena sewaktu-waktu pasti kamu akan membutuhkan pakaian batik. Bahkan banyak juga acara yang menentukan dress code batik untuk tamunya.

Namun agar kamu terlihat “tua” atau dibilang “seperti Pak RT” ketika memakai batik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih batik:

1. Pastikan ukuran dan potongannya pas dengan badan

Seperti halnya pada jas, kemeja, dan berbagai baju formal lainnya, ukuran yang pas adalah hal paling penting ketika memilih batik. Selain tidak kebesaran dan juga tidak juga kekecilan, pastikan potongannya dengan bentuk tubuh yang kamu miliki. Tidak semua bentuk potongan dan model pakaian sesuai untuk semua bentuk badan orang.

Untuk kemeja batik pria, pastikan panjangnya juga pas. Karena model kemeja batik tidak dimasukkan dalam celana, maka akan terlihat jelek ketika ukuran panjangnya tidak pas.

2. Bahan dan jenis batik

Bahan yang umum digunakan pada kain batik bermacam-macam. Mulai dari sutera yang licin dan tidak kaku, sampai katun yang lebih menyerap keringat. Sedangkan untuk jenisnya kainnya umumnya dibedakan jadi dua, yaitu batik tulis yang pembuatannya dilakukan secara manual dan batik cetak yang pembuatannya menggunakan mesin.

Untuk memilih bahan yang cocok, sebaiknya disesuaikan dengan yang mana yang nyaman dengan kulitmu. Caranya bisa dengan menempelkan kainnya ke kulit untuk merasakan apakah jenis kain tersebut nyaman atau tidak.

Sedangkan untuk jenis batiknya, cukup dengan meraba cetakan warnanya. Apabila warna kainnya menempel pada tangan, dapat dipastikan batik tersebut akan cepat luntur ketika dicuci.

3. Warna dan motif

Untuk perpaduan warna dan motif sebetulnya tidak ada aturan yang berlaku, cukup disesuaikan dengan karaktermu. Bisa memadukan warna gelap sama gelap, atasan gelap dan bawahan yang terang atau sebaliknya, dan bisa juga sama-sama menggunakan warna yang terang atau vibran.

Yang penting sesuai dengan karaktermu sehingga kamu nyaman dan percaya diri memakainya.

4. Casual atau formal

Terakhir tinggal menentukan apakah batik yang kamu inginkan untuk acara bernuansa formal atau casual. Untuk kemeja batik pria biasanya bisa dilihat dari lengan panjang untuk formal, dan lengan pendek untuk kasual. Sedangkan untuk wanita, biasanya batik formal akan berbentuk terusan.

Masih bingung? Dimulai dari Tokopedia, kamu bisa mencari batik Batik Pria yang cocok dan beli batik wanita terbaru.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com