Advertorial

4 Tempat Wisata Paling Populer di Iran

Kompas.com - 05/08/2017, 09:28 WIB

Apa yang terlintas di kepala Anda saat mendengar negara Iran? Apakah pernah muncul keinginan untuk mengunjungi negeri Persia tersebut?

Iran adalah destinasi yang menarik dan akan memberikan pengalaman traveling yang tidak kalah seru dari negara lainnya. Berbagai kolaborasi warna-warni indah di setiap sudut kota dan masjid yang megah mampu menyihir mata siapa pun yang memandangnya.

Tak perlu ragu lagi, Anda mesti memasukkan Iran ke dalam daftar destinasi yang akan dikunjungi. Apalagi sekarang Anda tidak perlu bingung masalah transportasi, cukup dengan satu genggaman tangan sudah bisa cek tiket pesawat termurah dengan nyaman.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu seperti apa dan di mana saja titik terindah di negara tersebut. Nah, berikut ini adalah tempat-tempat yang menawarkan sejuta keindahan di berbagai penjuru Iran.

1. Eksplorasi Kota Gurun, Yazd

Di sepanjang perjalanan menuju kota Yazd, Anda akan disuguhkan pemandangan indah gurun pasir yang terhampar luas. Ternyata tidak cuma bisa melewatinya, jika ingin, Anda juga bisa berkemah di sana dan menyatu dengan alam. Tentunya dengan reservasi tur lokal terlebih dahulu.

Sesaat setelah memasuki kota ini, Anda akan merasakan hawa panas khas gurun. Tak perlu panik dulu. Cuaca di Iran boleh dibilang masih mirip dengan cuaca di tanah air. Jadi, tidak akan sepanas negara-negara di benua Afrika.

Bangunan tua di kota Yazd yang dilengkapi dengan menara angin atau cooling wind tower. (Shutterstock) Bangunan tua di kota Yazd yang dilengkapi dengan menara angin atau cooling wind tower. (Shutterstock)

Selama melihat berbagai keindahan ragam bangunan di kota Yazd, jangan heran jika Anda akan sering menjumpai bangunan dengan menara yang tinggi. Menara itu pada dasarnya adalah sebuah pendingin ruangan.

Cara kerjanya adalah dengan menangkap udara panas, mengalirkannya ke kolam, lalu udara yang sudah didinginkan akan tersirkulasi ke seluruh penjuru ruangan.

Ada banyak ragam destinasi yang bisa dinikmati di kota Yazd. Selain bisa menyusuri tiap sudut kota dan hunting foto sepuasnya, Anda juga bisa mengunjungi salah satu bangunan indah dengan arsitektur yang wah. Ya, Masjid Jame.

Masjid Jame, salah satu masjid dengan menara tertinggi di Iran. (Shutterstock) Masjid Jame, salah satu masjid dengan menara tertinggi di Iran. (Shutterstock)

Bagian pelataran Masjid Jame, salah satu masjid dengan menara tertinggi di Iran. (Shutterstock) Bagian pelataran Masjid Jame, salah satu masjid dengan menara tertinggi di Iran. (Shutterstock)

Masjid megah ini memiliki arsitektur khas Persia dengan gaya desain Azari. Hiasan dan berbagai ornamen yang ada di dalamnya akan sukses membuat Anda berdecak kagum dan tak tertahan mengabadikannya. Desain mosaik yang begitu mendetail akan terlihat mulai dari dinding, hingga bagian dalam kubah.

2. Wisata Belanja Sepuasnya di Shiraz

Mulai dari rempah-rempah, berbagai bahan makanan, karpet berdesain indah, hingga pakaian yang dihaisi dengan manik-manik cantik, semua bisa Anda temui di pasar kota Shiraz.

Di sini terkenal akan pasar atau bazar yang bernama Vakil Bazaar. Saat masuk ke sana, Anda akan disambut oleh aroma rempah khas dan juga aroma jeruk yang berasal dari kebun jeruk yang terletak tak jauh dari pasar. Selain itu di sini juga ada jeruk nipis khas Shirazi yang selalu digunakan di hampir setiap masakan asli Iran.

Suasana sehari-hari di depan pasar atau Vakil Bazaar saat pagi. (Shutterstock) Suasana sehari-hari di depan pasar atau Vakil Bazaar saat pagi. (Shutterstock)

Salah satu lorong pasar atau bazar yang ada di kota Shiraz. (Shutterstock) Salah satu lorong pasar atau bazar yang ada di kota Shiraz. (Shutterstock)

Setelah puas menyusuri lorong per lorong di Vakil Bazaar, Anda bisa mengunjungi masjid yang terkenal dengan kecantikannya di kota ini. Ya, Masjid Nasir Al-Mulk atau yang juga sering disebut dengan nama Pink Mosque.

Indahnya masjid Nasir Al-Mulk atau yang juga dikenal dengan sebutan Pink Mosque. (Shutterstock) Indahnya masjid Nasir Al-Mulk atau yang juga dikenal dengan sebutan Pink Mosque. (Shutterstock)

Kecantikan masjid ini terletak pada jendela yang terbuat dari hiasan mosaik kaca warna-warni. Ketika sinar matahari menyinari sisi masjid ini, maka akan tercipta sebuah pantulan cahaya indah yang jarang ditemukan di tempat lain.

3. Arungi Masa Lalu dengan Mesin Waktu Persepolis

Di Persepolis, seketika Anda akan merasakan kembali ke masa kekaisaran Achaemenid di bawah kepemimpinan Raja Darius pada tahun 518 sebelum masehi. Berbagai ukiran indah dan berukuran besar akan mengundang decak kagum serta membuat Anda bertanya-tanya bagaimana mereka melakukannya di masa itu.

Reruntuhan kota tua pada masa kekaisaran Achaemenid dengan berbagai ukiran yang indah. (Shutterstock) Reruntuhan kota tua pada masa kekaisaran Achaemenid dengan berbagai ukiran yang indah. (Shutterstock)

Beberapa situs di Persepolis bahkan sudah mengantongi status UNESCO World Heritage Sites yang artinya dilindungi sebagai situs warisan dunia.

Reruntuhan kota tua pada masa kekaisaran Achaemenid dengan berbagai ukiran yang indah. (Shutterstock) Reruntuhan kota tua pada masa kekaisaran Achaemenid dengan berbagai ukiran yang indah. (Shutterstock)

4. Jelajahi Isfahan, Kota Tercantik di Iran

Sudah puas menjelajahi tiga kota tersebut di atas, kini saatnya Anda mengunjungi kota Isfahan. Kota yang dipercaya sebagai kota tercantik di Iran. Bisa dibilang, kalau ke Iran belum afdal rasanya kalau tidak berkunjung ke kota Isfahan.

Keindahan Naqsh-e Jahan Square di pagi hari. (Shutterstock) Keindahan Naqsh-e Jahan Square di pagi hari. (Shutterstock)

Saat menjelajah kota ini, pastikan Anda mengunjungi Naqsh-e Jahan Square, pelataran Masjid Lotfollah, dan juga jembatan Khaju. Di tempat-tempat inilah Anda bisa mengabadikan foto-foto yang luar biasa indahnya.

Warna-warni Masjid Lotfollah. (Shutterstock) Warna-warni Masjid Lotfollah. (Shutterstock)

Setelah melihat deretan kota di Iran, jadi semakin tertarik untuk mengunjunginya, bukan? Apalagi, masih banyak bangunan dan situs-situs yang dijaga keasliannya demi melestarikan sejarah, seni, dan budaya di sana.

Untuk itu, rencanakan perjalanan Anda sekarang. Buat reservasi tiket dan hotel di situs booking online terpercaya, Reservasi.com. Jangan lewatkan kesempatan promo hingga Rp 1 Juta tanpa minimum transaksi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com