Advertorial

Keuangan Lebih Teratur dengan 10 Produk Ini

Kompas.com - 07/08/2017, 17:00 WIB

Setujukah Anda, bahwa hidup bisa sedikit lebih tenang jika kondisi keuangan selalu sehat dan teratur? Jika setuju, berarti ini saatnya Anda mengatur keuangan, salah satu caranya dengan klasifikasikan dan hilangkan anggaran-anggaran yang tidak penting.

Jika mengatur keuangan sendiri masih terasa sulit, Anda bisa menggunakan jasa lembaga keuangan. Banyak produk atau layanan yang bisa membantu Anda mengelola finansial dengan lebih baik. Contohnya ada pada 10 produk di bawah ini. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya, sesuai kebutuhan Anda.

Rekening bank

Produk ini menjadi langkah dasar yang bisa membantu Anda melihat besar penghasilan dan mengaturnya, serta mengawasi semua pengeluaran. Saat ini, bank memberi keleluasaan lebih bagi calon nasabah untuk membuka rekening perbankan.

Kartu debit

Anda wajib memiliki kartu debit setelah membuat rekening dan melakukan cek keuangan. Pilih kartu debit berlogo MasterCard atau Visa. Kartu ini berguna sebagai alat pembayaran. Namun, Anda juga bisa memilih menggunakan kartu kredit untuk fungsi yang serupa.

Memiliki rekening dengan bunga tinggi

Rekening ini perlu untuk menyimpan dana darurat. Menyimpan dana darurat lebih baik tidak dicampur dana operasional bulanan. Bunga yang lebih tinggi pun akan membuat Anda merasa lebih aman.

Asuransi kesehatan

Anda disarankan memiliki asuransi kesehatan. Sebab, Anda tidak pernah tahu kapan dana untuk mengobati penyakit akan dibutuhkan. Lebih baik, Anda mempersiapkannya, daripada harus menguras tabungan untuk kebutuhan lain.

Miliki rumah dan asuransi properti

Memiliki rumah sudah menjadi kebutuhan primer banyak orang. Namun, apakah rumah Anda sudah diasuransikan? Bila ada bencana alam seperti banjir atau kebakaran, asuransi properti akan menggantinya.

Asuransi kendaraan bermotor

Mobil merupakan aset berharga. Jadi, buatkan perlindungan atas barang berharga Anda ini dengan asuransi.

Asuransi cacat tubuh

Asuransi kesehatan tidaklah cukup, apalagi bila sesuatu terjadi pada Anda dan Anda tidak bisa bekerja atau kehilangan pekerjaan. Dengan demikian, asuransi ini akan memberi perlindungan pada penghasilanmu, bukan biaya kesehatan di rumah sakit.

Asuransi jiwa

Kematian merupakan hal tidak terduga. Bila Anda kepala keluarga, asuransi jiwa menjadi hal wajib.

Dana pensiun

Anda harus sadar bahwa tidak akan bisa bekerja selamanya. Ada batas maksimal waktu produktif di kantor atau bisnis. Saat sudah sampai batasnya, itulah saat Anda beristirahat di hari tua. Nah, dana ini akan berguna untuk menikmati waktu pensiun Anda.

Dana pendidikan anak

Inflasi pendidikan dan kesehatan jauh lebih tinggi dibanding inflasi nasional. Karena itu, Anda tidak bisa serta-merta menyiapkan dana pensiun dalam jangka waktu pendek. Siapkan sedini mungkin agar bisa terjamin. Pendidikan pun adalah investasi penting.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com