kabar mpr

Tiga Syarat Kemajuan Bangsa Menurut Zulkifli Hasan

Kompas.com - 11/08/2017, 13:55 WIB

Ketua MPR RI  Zulkifli Hasan mengatakan ada tiga syarat yang dapat membuat sebuah bangsa maju. Ketiga syarat tersebut adalah rakyat harus memiliki ilmu, memiliki rasa percaya, serta nila-nila luhur. Ia mengatakan jika tiga syarat itu berhasil dilaksanakan, keberkahan serta keadilan akan datang.

“Ilmu saja tidak cukup tanpa rasa percaya dan nilai-nilai. Selain itu harus ada kesadaran juga bahwa kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat. Jangan mau apa-apa ditukar dengan uang,” ujar Zulkifli di tengah Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan di Ballroom Ahmad Rusni, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Jumat (11/8/2017).

Sosialisasi Empat Pilar yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Tarbiyah tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB Moh Amin, Anggota DPR RI NTB Syamsudin , Ketua Umum Tarbiyah RI, Ketua Umum Tarbiyah Wanita PERTI, serta ratusan tamu undangan. 

Pada kesempatan tersebut Zulkifli juga menyinggung soal pelaksanaan pesta demokrasi seperti Pilkada yang seringkali terkontaminasi dengan adanya praktik money politic atau iming-iming materi lainnya. Ia mengimbau seluruh rakyat untuk tidak menanggapi iming-iming materi dari calon pemimpin daerah saat Pilkada.

Terakhir, pria yang akrab disapa Bang Zul ini juga berharap rakyat dan penyelenggara negara memilki kesadaran bersama dan berkomitmen untuk membangun bangsa dan negara. Penyelewengan kedaulatan dan kesadaran itu menurutnya berawal dari praktik transaksional dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

"Saat memilih calon pemimpin, dipikirkan betul. Dipertimbangkan kalau saya pilih dia akan membela rakyat atau tidak. Tanya hati sendiri, jika dirasa sudah oke mantap akan pilihannya, kemudian doakan amanah," ujarnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com