Advertorial

Bukan Hanya Cari Untung, Entitas Bisnis Juga Punya Sisi Sosial

Kompas.com - 11/08/2017, 14:57 WIB

Tujuan utama dalam entitas bisnis pastinya untuk mendapatkan keuntungan, tetapi bukan berarti mereka boleh lupa untuk membawa nilai-nilai sosial. Sebuah perusahaan biasanya menunjukkan nilai sosialnya melalui divisi Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain menunjukkan sisi sosial, divisi ini merupakan bagian dari operasi bisnis yang berkomitmen tak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, juga untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan secara holistik, melembaga dan berkelanjutan.

Contohnya seperti pada PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dengan gerakan #BukuUntukIndonesia. Melalui gerakan ini, BCA berusaha meningkatkan minat baca anak Indonesia di daerah pelosok.

Menurut World’s Most Literate Nations, Indonesia memang berada di posisi yang sangat redah dalam urusan minat baca, yaitu masuk posisi 60 dari 61 negara. Itu juga yang menjadi alasan BCA untuk mengkampanyekan gerakan tersebut sejak Maret 2017 lalu.

Melalui gerakan ini, BCA juga mengajak partisipasi masyarakat dengan memberi donasi. Donasi yang terkumpul nantinya akan dibelikan buku dan disalurkan ke daerah pelosok. Salah satunya adalah Lampung.

Baru-baru ini, Direktur BCA Santoso, Senior Vice President CSR BCA Sapto Rachmadi dan Kepala KCU BCA Bandar Lampung Soeharjo Moeliadi menyerahkan secara simbolis beberapa buku bacaan pada tujuh Kepala Sekolah SD Negeri yang dilaksanakan di SDN Gadingrejo 7, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Sekolah Dasar tersebut termasuk SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung.

"Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA memberi lebih baik pada masyarakat dengan harapan bisa berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok Indonesia demi menciptakan generasi muda cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia,” ujar Santoso.

Sebagai informasi, hingga 15 Juni 2017 sudah terkumpul dana donasi Rp1 miliar yang akan dibelikan buku dan disebar ke 104 sekolah di 60 titik di Indonesia.

“Mari buka akses yang luas pada anak-anak daerah untuk mendapat buku bacaan yang berguna untuk membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera,” pungkas Santoso.

Bila ingin berpartisipasi, kamu bisa mengakses www.bukuuntukindonesia.com.

Sumber: smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com