Advertorial

Sambut HUT ke-72 RI, Lima BUMN Kenalkan Budaya Nusantara Melalui Jalan Sehat

Kompas.com - 14/08/2017, 19:10 WIB

Lima perusahaan BUMN menggelar kegiatan Jalan Sehat dalam menyambut HUT Republik Indonesia Ke-72 di Jakarta, Minggu (13/8/2017). Acara ini juga merupakan rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri 2017.

Kelima BUMN tersebut adalah PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero).

"Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 merupakan salah satu wujud program BUMN Hadir Untuk Negeri. Melalui kegiatan ini, kami BUMN terus bersinergi agar kehadiran BUMN dapat dirasakan masyarakat karena BUMN adalah agen pembangunan,” ucap Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat.

Lewat kegiatan jalan sehat ini, Kementerian BUMN berupaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat.

“Sambil Jalan Sehat masyarakat disuguhkan pengenalan budaya tanah air. Indonesia merupakan negeri yang berlimpah akan kekayaan alam dan dihiasi keberagaman budaya,” Jelasnya.

Acara Jalan Sehat ini dimulai dan finish di Gedung Sarinah, jalan Thamrin Jakarta Pusat. Rutenya sejauh kurang lebih 5 km dan diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta yang terdiri dari Karyawan BUMN dan masyarakat umum.

Acara Jalan Sehat ini juga diikuti oleh 155 anak dari Rumah Autis, dimeriahkan dengan kegiatan pengenalan budaya nusantara seperti medley tarian nusantara, fashion show batik nasional, pembacaan puisi Bhineka Tunggal Ika, Tabuh Kendang Nusantara,  pentas seni musik, Komunitas Cosplay Nusantara, penyerahan bantuan beasiswa kepada Rumah Autis dari PT PPA, Pameran foto-foto persembahan ANRI, pameran mitra binaan BUMN yang menampilkan kerajinan dan cendera mata dari beberapa daerah di tanah air, serta penandatanganan MoU kerja sama antara PT Sarinah dengan Bupati Trenggalek.

Selain itu, di acara tersebut juga terdapat lelang lukisan dari anak-anak jalanan yang tergabung dalam komunitas Anak Langit. Lukisan yang terjual akan di donasikan untuk anak-anak jalanan.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

"Sebagaimana telah dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam dua tahun terakhir ini dalam Program BUMN Hadir untuk Negeri, tujuannya selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat juga untuk mendapatkan aspirasi apa yang harus didukung oleh BUMN ke depannya. Khususnya dalam peringatan 17 Agustus di setiap provinsi di Indonesia, masing-masing perusahaan BUMN mendapatkan tugas untuk mengoordinasi kegiatannya. Khusus di Jakarta, terdapat lima BUMN, yang dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia," ujarnya.

Beberapa rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2017 di antaranya program Siswa Mengenal Nusantara, Bedah Rumah Veteran, Jalan Sehat dan Upacara Peringatan HUT RI.

Pada Program Siswa Mengenal Nusantara, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero) menerima 20 siswa yang berasal dari Propinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Propinsi DKI Jakarta.

Sebaliknya, Propinsi DKI Jakarta juga mengirimkan 25 siswa yang berprestasi dan telah menjalani seleksi di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini selama tujuh hari di Kalimantan Timur.

Kedua Propinsi saling bertukar pelajar selama sepekan untuk saling mempelajari budaya dan potensi daerah masing-masing dalam program Siswa Mengenal Nusantara.

Pupuk Indonesia juga melakukan Bedah Rumah Vetaran. Sebanyak 48 orang veteran pejuang kemerdekaan di Propinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan renovasi rumah.

Bedah  rumah ini dilakukan berdasarkan survei kepada 48 orang rumah milik veteran. Dana yang dibutuhkan setiap rumah diperkirakan sekitar Rp 40 juta. Dalam pelaksanaannya akan dibantu dan dilakukan oleh tim dari Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com