Advertorial

Suasana Hati dan Perasaan Negatif Ganggu Kinerja di Kantor? Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 14/08/2017, 19:48 WIB

Tanpa disadari perasaan atau suasana hati ternyata punya pengaruh besar terhadap produktivitas di kantor. Coba saja buktikan, setelah mengalami sedikit saja hal kecil yang membuat suasana hati buruk, bete, pastinya pikiran dan semangat kerja Anda akan terganggu.

Ada beberapa cara untuk meminimalisasi efek dari perasaan hati yang sedang buruk saat berada di kantor. Lakukan saja hal-hal berikut. 

Tariknafas dalam-dalam

Secara ilmiah menarik nafas dalam terbukti mampu memperlambat detak jantung dan menghilangkan stres, terutama di masa-masa sulit. Selain manfaat fisik, berhenti sejenak dari aktivitas dan bernafas perlahan bisa memperlambat pikiran negatif. Hasilnya, ini akan membantu Anda menenangkan pikiran dan menghubungkan Anda kembali dengan intuisi spiritual yang baik.

Ubah fokus

Perhatikan apa dan siapa yang sering membuat pikiran Anda menjadi tidak baik. Apapun yang menjadi perhatian Anda itu akan terus mengganggu pikiran. Alihkan fokus pada apa yang membuat Anda nyaman. Pertahankan fokus itu dengan cara yang sehat. 

Tuliskan

Jika terganggu dengan segala macam pikiran negatif, istirahat pun tidak tenang. Coba luangkan waktu sekitar lima menit kemudian tulis di selembar kertas atau buat catatan di ponsel tentang kegalauan itu. Akan lebih baik bila Anda menceritakan keresahan hati pada teman atau keluarga. Namun jika tidak, menulis bisa menjadi salah satu cara efektif.

Bicara

Serupa menulis, membicarakan semua unek-unek yang Anda rasakan bisa menciptakan perubahan sikap yang signifikan. Hubungi teman atau bertemu langsung dengan orang yang Anda percaya untuk membicarakan semua masalah itu.

Istirahat dari segala hal berbau teknologi

Jauhkan diri dari segala hal berbau teknologi, seperti internet atau ponsel. Ini akan membantu menjernihkan pikiran. Percakapan secara daring dan media sosial akan terus berlanjut tanpa Anda. Istirahatkan sejenak dari aktivitas Anda di dunia maya dan luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman dekat secara fisik.

Temukan tempat yang nyaman

Temukan tempat yang bisa membuat Anda bahagia. Pikirkan tentang aktivitas dan lingkungan yang bisa membuat bahagia. Bila Anda menyukai olahraga atau kuliner, lakukan saja untuk membuat Anda bisa menikmati hidup. Jika hobi musik, coba mainkan lagu favorit. Anda juga bisa menghabiskan beberapa menit untuk membaca atau bermain gim yang  bisa membuat suasana hati lebih baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com