kabar mpr

Ini Rangkaian Acara Sidang Tahunan MPR 2017

Kompas.com - 15/08/2017, 19:32 WIB

Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 akan digelar di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (16/08/2017) mendatang. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk menyambut penyelenggaraan sidang tahunan yang akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, dan para pimpinan lembaga negara tersebut.

Kepala Biro Humas MPR, Siti Fauziah, mengatakan rangkaian acara Sidang Tahunan MPR  akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. “Pada pukul 07,00 WIB, petugas harus menempati pos masing-masing,” ujarnya.

Sebelumnya, petugas akan melakukan pelayanan kepada semua tamu yang hendak mengikuti sidang tahunan itu termasuk wartawan. Anggota MPR boleh memasuki ruang sidang paripurna, Gedung Nusantara, mulai pukul 08.00 WIB. Sebelum masuk ke dalam ruang sidang, para anggota MPR wajib mengisi daftar hadir.

"Tujuannya untuk menghitung daftar hadir peserta sidang yang selanjutnya daftar hadir itu diserahkan kepada pimpinan MPR, selaku pimpinan sidang, untuk menyatakan kuorum atau tidak sidang itu," tambah Siti.

Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Mufidah Kalla dijadwalkan hadir pada pukul 08.35 WIB. Sidang tahunan kemudian akan dibuka pada pukul 09.00 WIB.

Sesi foto bersama juga akan dilakukan oleh presiden, wakil presiden, beserta pimpinan lembaga negara sebelum memasuki ruang sidang paripurna. Selepas itu,  Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR akan membuka sidang tahunan, dilanjutkan dengan pidato Presiden Joko Widodo yang berisi laporan kinerja lembaga negara akan disampaikan mulai pukul 09.22 WIB dan berakhir pada pukul 10.05 WIB. 

“Seperti biasa acara akan dilanjutkan dengan pembacaan doa, dan pimpinan sidang menutup Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 untuk melanjutkan sidang bersama DPR dan DPD,” papar Siti Fauziah. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com