Advertorial

Sambut HUT RI, Synthesis Development Gelar “Indonesia Is Me: Kriya Nagri”

Kompas.com - 15/08/2017, 22:06 WIB

Tahun ini kampanye Indonesia Is Me kembali diselenggarakan oleh pengembang properti Synthesis Development. Kali ini kampanye yang juga biasa ditulis Indonesiaisme tersebut mengangkat tema Kriya Nagri. 

Pemilihan tema tersebut dilatari oleh kondisi yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia saat ini. Minimnya pendidikan dan informasi tentang budaya Indonesia, masih kurangnya apresiasi terhadap budaya dan kreativitas lokal, dan adanya krisis identitas menjadi tantangan utama saat ini. 

Banyak juga anak negeri berprestasi yang tidak memperoleh apresiasi di tanah air. Padahal karyanya yang terinspirasi dari kekayaan Indonesia dan memberi prubahan positif bagi masyarakat Indonesia. Mereka dipuji di mancanegara tetapi tidak di negeri sendiri. 

“Indonesia Is Me adalah langkah inisiatif Synthesis Development yang diadakan untuk ikut mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia, dan sebagai wujud dukungan korporasi kepada beragam aktivitas yang mengangkat nilai keindonesiaan. Indonesia Is Me adalah wujud komitmen Synthesis Development kepada Indonesia,” ujar Budi Yanto Lusli,President Direktur Synthesis Development. 

Tidak hanya melalui Indonesia Is Me. Selama ini, lanjut Budi Yanto, Synthesis Development juga menjadi salah satu pengembang properti yang dikenal selalu menunjukkan komitmen kepada Indonesia dengan memberikan karakteristik sentuhan heritage Indonesia pada setiap karya propertinya. 

Tahun ini adalah kali ketiga Synthesis Development menggelar Indonesia Is Me. Berbeda dari Indonesia Is Me di tahun 2015 dan 2016 yang bertema aktivitas olahraga dan kesehatan, tahun 2017 Synthesis Development ingin mengangkat aktivitas budaya, seni, dan tokoh-tokoh inspiratif yang sudah menjadi agen perubahan positif di Indonesia ini dari beberapa sektor. 

Budi Yanto mengatakan tujuan diselenggarakannya kampanye Indonesia Is Me adalah untuk menghadirkan menghadirkan informasi tentang warisan Indonesia dan karya bangsa. Informasi-informasi tersebut akan dihadirkan melalui permainan yang menggunakan teknologi augmented reality, penampilan seni, dan beragam aktivitas kreatif lainnya. 

Selain itu, melalui kampanye ini Synthesis Development juga ingin berperan dalam berbagi informasi tentang kekayaan Indonesia melalui beragam aktivitas dan para tokoh inspiratif yang dihadirkan. 

“Kami ingin makin mendapat kepercayaan publik sebagai pengembang yang tidak sekedar membuat bangunan. Tetapi kami menciptakan ruang. Ruang untuk berkarya, berinovasi, serta ruang untuk membantu menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua orang,” ujar Budi. 

Synthesis Development juga ingin dikenal sebagai pengembang yang tidak hanya memadukan beragam keahlian terbaik, untuk menciptakan produk yang berkualitas, tetapi juga membangun kepercayaan untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Tentunya mengacu pada nilai-nilai kebajikan yang ada.  

Fianty R Gosal, Project and Operation Director Synthesis Development menjelaskan Indonesia Is Me ketiga ini berlangsung dengan dua program besar. Pertama adalah pembukaan kampanye yang Tunjukan Indonesiamu. Pembukaan akan diadakan pada 13 Agustus 2017 di Car Free Day Jakarta. Akan hadir 2000 penari yang melakukan flashmob beragam tarian tradisional dari ujung barat Sumatera sampai ujung timur Papua. 

Kedua, adalahrangkaian acara Synthesis Kriya Nagri #PestaMerdeka yang diselenggarakan pada 15 - 20 Agustus 2017 di Grand Atrium Kota Kasablanka Jakarta. Untuk mewujudkan rangkaian acara ini Synthesis Development berkolaborasi dengan Yayasan Belantara Budaya dan Lulu Lutfi Labibi. 

Diah Kusumawardani Wijayanti, pendiri  sekolah tari dan musik gratis Belantara Budaya Indonesia, menjelaskan, yayasan yang didirikannya berkolaborasi dengan Synthesis Development untuk Indonesia Is Me karena menurutnya Synthesis Development sangat memberikan dukungan untuk kekayaan nusantara. 

Tidak hanya melalui program yang sejalan dengan visi misi Belantara Budaya, tetapi juga melalui komitmennya terhadap sentuhan lokal yang dibubuhkan di setiap properti yang dibangun.

Hal senada juga disampaikan oleh Lulu Lutfi Habibi. “TIRAKAT yang hadir di Indonesia Is Me adalah sebuah olah batin untuk mengendalikan laku hidup sehari-hari dan mengajarkan kita untuk berbela rasa, memerdekakan sendiri dan orang-orang disekitar untuk saling menguatkan,” ujarnya. 

Rangkaian acara terdiri atasLoka Nusantara yang merupakan permainanan augmented realitybertema Indonesia, Gending Etnik yaitu pagelaran seni dan tarian tradisional, dan Belantara Budaya yang merupakan Diskusi budaya, seni dan beragam warisan Indonesia. 

Rangkaian  Synthesis Kriya Nagri #PestaMerdeka  juga akan dimeriahkan oleh Fashion Performance Art bertema TIRAKAT dari Lulu Lutfi Labibi. Konsep TIRAKAT adalah pameran foto profil lintas generasi dan lintas profesi yang mengangkat nilai Indonesia, pemutaran video, dan fashion show

Pameran foto berlansung dari tanggal 15 – 20 Agustus 2017 di Grand Atrium Kota Kasablanka. Untuk fashion show akan digelar pada tanggal 19 Agustus 2017 dengan menampilkan sebanyak 42 koleksi olahan kain lurik sebagai ciri khas untuk manusia modern yang mencintai budaya lokal. 

Akan hadir juga para tokoh inspiratif Indonesia yang telah membuat perubahan. Beberapa di antaranya adalah Pendiri Belantara Budaya Indonesia Diah Kusumawardani Wijayanti, pendiri Taman Bacaan Pelangi Nila Tanzil, pendiri Nara Kreatif Nezatullah Ramadhan, dan pendiri Salam Rancage Aling Nurnaluri. Diskusi bersama tokoh inspiratif ini akan dimoderatori oleh Maman Suherman (Kang Maman). 

Fianty R Gosal menambahkan, tidak hanya beragam kegiatan menarik, Synthesis Development juga menghadirkan promo produk-produk propertinya melalui program Pesta Merdeka. Dalam program tersebut akan dihadirkan promo beli 1 apartemen gratis 1 apartemen, bebas service charge selama 3 tahun, dan bebas biaya peralihan. Masih ada juga beragam undian berhadiah yang bisa diikuti oleh pengunjung yang hadir di semua kegiatan Indonesia Is Me. 

Untuk mengetahui nformasi lengkap dan jadwal rangkaian acara Indonesia Is Me – Synthesis Kriya Nagri kunjungi www.pestamerdeka.id atau kirim pertanyaan melalui Whatsapp ke 08119790033.  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com