Advertorial

Sebanyak 48 Veteran di Jakarta dan Jabar Terima Bantuan Renovasi Rumah

Kompas.com - 17/08/2017, 18:41 WIB

PT Pupuk Indonesia (Persero) hari ini menyerahkan secara simbolis bantuan renovasi rumah kepada 48 orang veteran pejuang Republik Indonesia dalam rangkaian kegiatan bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri 2017. Momen tersebut dilangsungkan bertepatan dengan momen HUT RI Ke-72.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Staf khusus Menteri BUMN Ahmad Bambang dan Direktur PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat kepada Pariyem, istri dari mendiang Sukijo, yang merupakan salah satu pejuang veteran di DKI Jakarta, seusai Upacara Peringatan 17 Agustus di Gedung Kementerian BUMN, Kamis (17/8/2017) pagi.

Bedah rumah ini dilakukan berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 48 rumah milik veteran. Berdasarkan hasil survey, ternyata sebagian besar kondisi rumah tersebut tidak layak huni. Sebut saja permukaan lantai dari tanah dan dinding yang hanya terbuat dari bambu. Ditambah lagi dengan fasilitas MCK yang kurang memadai dan perlu segera diperbaiki.

“Semula, Pupuk Indonesia hanya bertanggung jawab melakukan renovasi di wilayah DKI Jakarta. Namun, dalam perkembangannya, Bedah Rumah Veteran ini selain di DKI Jakarta juga mencakup beberapa rumah di wilayah Jawa Barat. Dalam menjalankan program ini, seluruh BUMN bekerjasama dengan Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi.” kata Aas.

Aas menambahkan, setiap rumah diperkirakan menghabiskan biaya renovasi sekitar Rp 40 juta per rumah. Program ini akan dilaksanakan secara bertahap sejak Juli 2017 hingga Desember 2017 mendatang.

Prosesnya sendiri akan melibatkan tim dari Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi. Bersama Pupuk Indonesia, kedua pihak tersebut telah menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan bedah rumah di Bandung, Minggu (13/82017) lalu.

“Jadi perbaikan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan para veteran,” ujar Aas menjelaskan.

Selain melakukan Bedah Rumah Veteran, masih ada beberapa rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri 2017 lainnya. Beberapa di antaranya adalah program Siswa Mengenal Nusantara, Jalan Sehat, dan Upacara Peringatan HUT RI Ke-72.

“Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 merupakan salah satu komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri. Dalam hal ini, saya bangga dengan usaha bahu-membahu yang dilakukan oleh PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) dalam mewujudkan rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72,” kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno saat mengikuti kegiatan jalan santai bertajuk Langkah Untuk Negeri.

- -

Hal serupa juga disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno, yang turut hadir dalam acara jalan sehat tersebut.

“Sebagaimana telah dicanangkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dalam dua tahun terakhir ini, tujuan dari program BUMN Hadir Untuk Negeri selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, juga untuk mendapatkan aspirasi yang harus didukung oleh BUMN kedepannya. Khususnya peringatan 17 Agustus, di setiap provinsi di Indonesia, masing-masing perusahaan BUMN mendapatkan tugas dan tanggung jawab dalam mengkoordinasi kegiatannya. Khusus di Jakarta, terdapat lima BUMN yang dikoordinir oleh PT Pupuk Indonesia, “ ujar Harry.

Sebagian rangkaian kegiatan sudah diselenggarakan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-72. Misalnya saja Jalan Sehat BHUN 2017 yang diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta. Acaranya berlangsung secara meriah di area Car Free Day Thamrin Jakarta, Minggu (13/8/2017) lalu. Adapun perserta yang hadir terdiri dari karyawan BUMN, masyarakat umum, serta 155 anak dari Rumah Autis.

Selain jalan sehat, lima perusahaan BUMN ikut berpartisipasi secara simbolis dalam penyelenggaraan Program Siswa Mengenal Nusantara. Para perusahaan yang dimaksud terdiri dari  PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero).

Program beasiswa tersebut telah menerima sebanyak 20 siswa yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan kegiatan SMN di provinsi DKI Jakarta. Tidak hanya itu saja, sebanyak 25 murid berprestasi asal DKI Jakarta yang telah melalui tahap seleksi akan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar selama tujuh hari di Kalimantan Timur. Tujuannya adalah untuk saling mempelajari budaya maupun potensi daerah masing-masing. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com