Advertorial

Siapkan Generasi Muda Terampil, AHM Gelar AH-TSC 2017

Kompas.com - 18/08/2017, 15:37 WIB

PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi teknik sepeda motor bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan para teknisi serta service advisor Honda dalam ajang Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC) 2017. Acara ini menjadi bagian dari upaya AHM meningkatkan kualitas keterampilan generasi muda SMK serta meningkatkan pelayanan Honda terhadap masyarakat dalam bidang teknik sepeda motor.

Kompetisi kali ini melibatkan 23.272 peserta dari 652 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda di Indonesia. Kompetisi pun berlangsung melalui rangkaian seleksi ketat di tingkat regional dalam periode Maret-Juni 2017. Melalui seleksi tersebut, AHM memilih 36 siswa SMK terbaik seluruh Indonesia untuk mengikuti kontes final di Astra Honda Training Center, Jakarta.

"Kami ingin kompetisi ini dapat memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk meraih mimpi serta cita-cita mereka di bidang teknik sepeda motor. Kami pun berharap siswa-siswa ini dapat memiliki daya saing tinggi di tengah kompetisi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)," ujar General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso di Astra Honda Training Center, Jakarta, Rabu (2/8/2017) siang.

Pelaksanaan uji kompetensi para peserta SMK dilakukan secara tertulis dan praktek terkait teknik sepeda motor mulai dari segi mesin, rangka, kelistrikan, pemeriksaan dan pengukuran hingga penggantian komponen-komponen motor.

Juara 1 pada kategori siswa SMK terbaik akan mendapatkan hadiah berupa beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra dan memperoleh uang tunai sebesar Rp 8 juta, Juara 2 memperoleh uang tunai senilai Rp 5 juta, dan juara 3 mendapatkan uang senilai Rp 3 juta. AHM juga memberikan uang senilai Rp 1 juta bagi para peserta yang berhasil lolos hingga tingkat nasional. Tidak hanya itu saja, seluruh finalis siswa SMK juga berkesempatan mengikuti ujian saringan masuk Politeknik Manufaktur Astra secara gratis.

Kompetisi teknisi dan service advisor

Pada saat yang besamaan AHM turut menggelar kompetisi AH-TSC bagi para teknisi dan service advisor Honda demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang teknologi sepeda motor.

Kompetisi ini terdiri dari 2 kategori yakni AHASS Non Main Dealer Service Center (perorangan) dan AHASS Main Dealer Service Center (kelompok).

Peserta yang terlibat sebanyak 14.037 teknisi dan 1.581 service advisor. Mereka harus mengikuti rangkaian seleksi di tingkat regional. Melalui tahap pertama, peserta yang lolos terdiri dari 27 teknisi dan 27 service advisor untuk bersaing di tingkat nasional. Dalam kategori AHASS MDSC tersaring 54 peserta yang terdiri dari 27 kelompok berisi 1 orang teknisi dan 1 orang service advisor.

Materi ujian kompetisi terdiri dari ujian tertulis dan praktek. Para teknisi harus diuji dalam soal sistem kelistrikan, rangka, mesin hingga penggunaan Honda special tools. Sementara itu, para service advisor mengikuti ujian dalam soal pengetahuan produk dan teknologi sepeda motor Honda serta pelayanan terhadap konsumen.

AHM menyediakan hadiah berupa satu unit sepeda motor bagi peserta terbaik di kategori AHASS Non MDSC. Sedangkan peserta terbaik kategori AHASE MDSC berhak memperoleh uang tunai senilai Rp 10 juta dan berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang Asia Oceania Technical Contest 2018.

- -

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com