Kilas

Optimalkan Pelayanan Publik dengan Meningkatkan Kebahagiaan Pegawai

Kompas.com - 19/08/2017, 13:39 WIB


KOMPAS.com - Para pegawai instansi perangkat daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat setiap hari melayani warga. Pelayanan publik mesti dilakukan dengan cepat dan dalam waktu sesingkat mungkin. Namun, bagaimana bisa para pelayan masyarakat bekerja optimal jika lingkungan kerja tidak menyenangkan?

Bagi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan, salah satu dinas yang dinilai memiliki indeks kebahagiaan tertinggi adalah Dinas Bina Marga.

Penilaian istri Gubernur Jawa Barat bukan tanpa dasar. Dinas Bina Marga, kata dia, memiliki ruang berkumpul keluarga besar instansi. Ruang itu dapat digunakan untuk bersantai dan bergembira bersama.

"Kalau kita periksa di kantor-kantor dinas lain di Jawa Barat, Saya yakin tidak ada yang punya saung-saung seperti ini. Enggak ada aula yang bisa digunakan untuk bersama-sama bergembira," katanya usai bersepeda pada Jumat (18/8/2017) pagi di kantor Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Dinas Bina Marga juga memiliki grup musik sendiri, The Bima Band, yang beranggotakan pegawai Dinas Bina Marga.

Tak hanya itu, pegawai Dinas Bina Marga juga memiliki inisiatif untuk olahraga. Pagi itu, Dinas Bina Marga menggelar kegiatan bersepeda bersama seluruh pegawai.

Dengan olahraga, Netty menjelaskan, tubuh akan menghasilkan hormon endokrin dan oksitosin yang merangsang kebahagiaan, kegembiraan, serta energi positif.

"Saya tadi baru selesai lari 20 putaran di Saparua, tapi saya kaget ada polisi lewat. Saya pikir siapa yang dikawal, pagi-pagi sudah memecah keheningan Jumat yang penuh berkah ini, eh ternyata ada Pak Guntoro (Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat) lagi gowes. Enggak tanggung-tanggung bawa pasukan, Saya jadi langsung ikut," kata Netty.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com