Kilas

Jawa Barat Kian Gemilang pada Ulang Tahun ke-72

Kompas.com - 19/08/2017, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjadi pembina upacara hari ulang tahun (HUT) ke-72 Provinsi Jawa Barat di lapangan Gasibu Bandung, Sabtu (19/8/2017).

Peringatan hari jadi provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia itu mengangkat tema "Jabar Ngahiji Jabar Kahiji." Dalam Bahasa Indonesia tema itu berarti, Jawa Barat Bersatu, Jawa Barat (menjadi) Nomor Satu.

"Jabar ngahiji Jabar kahiji menjadi landasan arah pembangunan Jawa Barat menuju kemajuan dan mensejahterakan rakyat. Hal itu senada dengan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia di mana Jawa Barat menjadi bagian dari NKRI," kata Ahmad Heryawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Heryawan memaparkan berbagai prestasi Jawa Barat sebagai persembahan ulang tahun ke-72. Dalam sembilan tahun terakhir, Jawa Barat menorehkan prestasi di tingkat nasional.

Prestasi pertama di bidang pengelolaan keuangan daerah. Jawa Barat mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca: Gubernur Jawa Barat Raih Penghargaan Gubernur Inovatif 2017

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menilai kapabilitas pegawai Pemerintah Jawa Barat dengan nilai A. Selain Jawa Barat, provinsi lain yang mendapat nilai A adalah Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri juga memberi penghargaan atas laporan pembangunan pemerintahan daerah.

Baca juga: Inovasi Jawa Barat yang Patut Dilirik


Penghargaan terbaru diberikan Kementerian Ristek dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk provinsi yang paling inovatif. Pada Kamis (10/8/2017), Jawa Barat menerima Anugerah Budhipura 2017 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Terakhir kita mendapat penghargaan sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik, lalu capaian prestasi Provinsi Terinovasi salah satunya karena budidaya Ikan Patin yang dapat meningkatkan produktivitas berlipat-lipat," katanya.

Prestasi Jawa Barat bisa diraih karena kebersamaan dan kerja keras dari semua pihak, baik pemerintah, DPRD, dan masyarakat Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat berulang tahun ke-72 Provinsi Jawa Barat berulang tahun ke-72

Seluruh undangan dan peserta mengenakan pakaian khas daerah Jawa Barat. Dalam apel besar HUT ke-72 Jawa Barat juga diundi hadiah dari Bank Jabar Banten (BJB), di antaranya 50 sepeda motor, 5 mobil dan hadiah umrah untuk pegawai negeri sipil (PNS) Jawa Barat.


Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com