Advertorial

Rayakan HUT Ke-72, MA Bertekad Meningkatkan Profesionalisme dalam Menegakkan Kebenaran dan Keadilan

Kompas.com - 20/08/2017, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM- Dua hari setelah kemerdekaan Republik Indonesia, Mahkamah Agung (MA) turut merayakan ulang tahunnya yang ke-72 bertempat di  lokasi Agrowisata Gunung Mas, Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017). Dalam peringatan HUT kali ini, MA mengusung tema “Mens Sana in Corpore Sano dengan harapan dapat membangkitkan semangat jiwa dan raga para aparatur peradilan dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Dengan tubuh dan jiwa yang sehat kita bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Saya mengajak kepada semuanya agar menjadikan momentum ulang tahun ini sebagai sarana untuk membangun kerja sama yang baik diantara aparatur peradilan," ujar Ketua Mahkamah Agung, Prof. DR. M. Hatta Ali, SH, MH dalam pidato sambutannya di sela-sela upacara yang dihadiri oleh 1761 peserta tersebut.

Hatta menuturkan aparatur peradilan perlu meningkatkan kepekaannya terhadap nilai-nilai keadilan di masyarakat dalam menghadapi problematika hukum yang belakangan ini sering menjadi sorotan publik. Ia juga berharap lembaga yang dipimpinnya terus semakin profesional dan konsisten dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

"Perjuangan itu tidak mudah, perlu usaha dan kerja keras dari seluruh komponen, oleh karena itu ada empat misi yang menjadi panduan yaitu menjaga kemandirian, pelayanan hukum yang berkeadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan kredibilitas, serta transparansi badan peradilan," ujar Hatta.

Segenap aparatur peradilan juga diminta untuk mengutamakan sikap toleransi dalam melayani publik dan pencari keadilan. Ia pun berharap aparatur peradilan bisa saling bekerja sama dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

KOMPAS.COM/Dylan Aprialdo Rachman
Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali (terdepan) turut berpartisipasi bersama jajaran pimpinan MA dalam perlombaan balap karung pada rangkaian perayaan hari ulang tahun MA ke-72 di Agrowisata Gunung Mas, Kawasan Puncak, Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017).
KOMPAS.COM/Dylan Aprialdo Rachman Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali (terdepan) turut berpartisipasi bersama jajaran pimpinan MA dalam perlombaan balap karung pada rangkaian perayaan hari ulang tahun MA ke-72 di Agrowisata Gunung Mas, Kawasan Puncak, Jawa Barat, Sabtu (19/8/2017).

Sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo menyatakan bahwa momentum ulang tahun MA harus dimanfaatkan untuk meraih kembali kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Hakim Agung Artidjo Alkostar berharap para aparatur peradilan dapat memperkuat integritasnya dalam memberikan keadilan bagi masyarakat.

Melalui acara perayaan ini, beragam perlombaan turut mewarnai semarak ulang tahun MA, seperti jalan sehat, lomba tarik tambang, hingga balap karung. Tidak hanya itu saja, momen yang penuh keceriaan dan kebersamaan tersebut juga dimeriahkan dengan pemberian doorprize kepada para peserta sebagai akhir dari keseluruhan acara. (DAR)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com