Advertorial

Tengok Inovasi Bandara untuk Permudah Layanan Informasi

Kompas.com - 21/08/2017, 17:00 WIB

Selain profit atau keuntungan, salah satu hal yang diperhatikan oleh pelaku usaha adalah kepuasan pelanggan. Nah, untuk mencapai hal tersebut, biasanya pelaku usaha akan melakukan inovasi, khususnya dari segi teknologi.

Contoh menarik bisa dilihat dari sebuah bandara internasional di Dubai. Pengelola bandara ini menerapkan penggunaan 26 bahasa untuk memudahkan pengunjung memahami setiap informasi yang disampaikan.

Tahukah Anda, salah satu bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa halus. “Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade...," itulah bunyi pengumuman penerbangan EK 358 rute Dubai-Jakarta di Bandara Dubai.

Dalam bahasa Indonesia, pengumuman ini berarti, "Permisi bapak-bapak dan ibu-ibu, penerbangan EK 358 tujuan Jakarta saat ini akan..."

Dilansir dari Smart-money.co, menurut Divisional Vice President Emirates Walter Riggans, langkah tersebut dilakukan untuk memudahkan penumpang yang tidak memahami bahasa Inggris atau Arab saat proses naik ke pesawat.

Strategi tersebut, katanya, mampu mempercepat proses penumpang naik ke pesawat. Ditambah lagi, dengan bahasa tersebut mereka merasa nyaman saat berada di bandara Dubai.

"Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan. Demikian, supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang," sebut Riggans seperti ditulis BBC.

Rupanya bukan cuma bandara Dubai yang melakukan ini. Terhitung sejak 17 Juli 2017 lalu, Bandara Adisutjipto di Yogyakarta juga menggunakan bahasa Jawa halus untuk memudahkan pengunjungnya.

Pelayanan di bandara dapat menjadi tolak ukur kemajuan suatu negara. Oleh karena itu, setiap pengelola memang sudah seharusnya melakukan inovasi untuk memberi kepuasan dan kemudahan kepada para pengguna jasanya.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com