kabar mpr

Kembali Memahami Nilai Luhur Bangsa Lewat Sosialisasi 4 Pilar MPR

Kompas.com - 22/08/2017, 18:53 WIB

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin kembali menegaskan pentingnya pemahaman dan pengamalan 4 Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pernyataan itu disampaikannya ketika menjadi pembicara dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di Universitas Pakuan, Bogor pada Selasa (22/8/2017).

Dalam pembukaannya, Mahyudin menyebutkan berbagai kendala dalam perjalanan 4 Pilar MPR, di antaranya persoalan sosialisasi.

"Dalam perjalanannya sejak diperintahkan UU, MPR menjumpai berbagi kendala.  Salah satu yang paling besar adalah gugatan perihal judul sosialisasi tersebut yakni Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara.  Proses kasus tersebut sampai ke MK dan alhamdulillah saat ini berganti judul menjadi Sosialisasi Empat Pilar MPR," ujar dia di hadapan ratusan civitas academica Universitas Pakuan.

Adapun hasil dari sosialisasi 4 Pilar MPR yang diharapkan adalah pemahaman rakyat Indonesia akan nilai-nilai luhur Pancasila. Oleh karena itu, cara yang digunakan dalam sosialisasi ini pun beragam dan disesuaikan dengan umur dan kelompok target sosialisasi.

Misalnya untuk siswa TK dan SD, sosialisasi dilakukan dalam bentuk lomba mewarnai. Sementara untuk siswa SMA dilakukan dengan lomba cerdas cermat, dan training for trainers untuk kalangan profesional dan akademisi.

Mahyudin pun bersyukur karena masyarakat dapat menerima dengan baik penetrasi 4 Pilar MPR, tanpa paksaan atau doktrinasi. Ia berharap para peserta mampu mengamalkannya dan menjadi agen sosialisasi bagi lingkungan sekitarnya.

"Yang ada rakyat Indonesia menyadari dengan kesadaran tinggi pentingnya Pancasila dan nilai luhur bangsa untuk persatuan dan kesatuan bangsa," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Mahyudin mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap isu SARA yang memecah belah bangsa. Seperti yang terjadi pada Pilkada DKI lalu. Menurutnya setiap individu berhak memilih dan berpartisipasi dalam proses politik. (Adv)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com